Utamakan Keselamatan Pengunjung, Polres Klaten Gelar FGD dengan Pengelola Wisata Air

tribratanews.polri.go.id – Keselamatan pengunjung wisata air di wilayah Klaten Jawa Tengah menjadi prioritas utama, dalam hal ini Polres Klaten menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan pengelola wisata air se Klaten, Kamis (26/1/2016).

Di obyek wisata air Umbul Ponggok Polanharjo jajaran Polres Klaten menghimbau kepada pengelola wisata air untuk selalu memperhatikan dan  memenuhi standar keselamatan pengunjung dimasing – masing obyek wisatanya.

Kepala Bagian Operasional Polres Klaten Kompol Prayudha Widiyatmoko mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan gambaran kepada pengelola wisata air supaya memberikan rasa aman dan kenyamanan pengunjung, menempatkan team sar dan pelampung disetiap kolam guna meminimalisir korban tenggelam.

Menurutnya berdasarkan pemetaan kecelakaan air yang berujung jatuhnya korban jiwa disebabkan beberapa faktor, yakni tidak bisa renang, kurang pemanasan sehingga terjadi kram.

Oleh karena itu pihaknya meminta kepada pengelola wisata air untuk membangun system keselamatan, dimulai dengan asuransi untuk meringankan beban biaya pengobatan, memasang papan himbauan keselamatan maupun peringatan baik secara visual maupun audio melalui pengeras suara.

Sementara itu dilakukan juga simulasi pelatihan dalam menolong korban tenggelam di air, diantaranya . korban tenggelam dan masih sadar, penangannya oleh tim sar dan dokkes, Korban tenggelam dan MD, Korban tenggelam dan pingsan namun tertolong serta Korban tenggelam ditolong dan ditarik menggunakan tali.

 

penulis : Pambudi/Humas Polres Klaten

editor : Kang Iqbal

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password