Jadi Santapan Lebaran, Ini Sederet Khasiat Tape Ketan bagi Kesehatan

10 April 2024 - 08:30 WIB
ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tape ketan merupakan makanan sehat yang terbuat dari nasi ketan yang difermentasi dengan ragi.

Setelah dicampur ragi, ketan dibungkus dengan daun jambu atau daun pisang, dan difermentasi dalam wadah kedap udara. Waktu fermentasi bisa berlangsung selama 3-7 hari.

Ada beberapa jenis tape ketan, yaitu tape ketan hitam yang dibuat dari beras ketan hitam, dan tape ketan putih dari beras ketan putih.
Selain itu, ada juga tape ketan hijau yang terbuat dari beras ketan putih yang diberi pewarna.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (9/4/24), berikut sederet khasiat tape ketan bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Probiotik yang dihasilkan selama fermentasi dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik di usus.

Ini juga dapat meringankan beberapa masalah pencernaan. Misalnya gejala sindrom iritasi usus besar, diare, dan lain-lain.

Mengonsumsi makanan fermentasi juga dapat mengurangi keparahan diare, kembung, gas, dan sembelit.

Untuk alasan ini, mengonsumsi tape ketan yang merupakan makanan fermentasi dapat memberi manfaat bagi kesehatan usus.

Tak hanya tape ketan, ada banyak makanan fermentasi lain yang juga mengandung bakteri baik alias probiotik. Seperti yoghurt, kimchi, kefir, kombucha, acar, dan lain-lain.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bakteri yang hidup di usus memiliki dampak signifikan pada sistem kekebalan tubuh.
Karena kandungan probiotiknya yang tinggi, makanan fermentasi seperti tape ketan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dan mengurangi risiko infeksi seperti flu.

Mengkonsumsi makanan kaya probiotik juga dapat membantu kamu pulih lebih cepat saat sakit.

Tak hanya itu, banyak makanan fermentasi kaya akan vitamin C, zat besi, dan seng, yang semuanya terbukti berkontribusi pada sistem kekebalan yang lebih kuat.

3. Baik untuk Diabetes

Tape ketan hitam memiliki manfaat antioksidan yang luar biasa. Flavonoid seperti anthocyanin dalam ketan hitam dapat memengaruhi kadar gula darah dan manajemen diabetes.

Fitokimia ini memiliki pengaruh positif pada tubuh, meningkatkan sensitivitas insulin sehingga tubuh dapat menggunakan glukosa dengan lebih baik.

Ini juga membantu dengan mengurangi pencernaan gula di usus kecil, dan menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Menyehatkan Jantung

Manfaat lain dari tape ketan adalah menyehatkan jantung. Pada tape ketan hitam, kandungan antosianin di dalamnya dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.

Antosianin merupakan pigmen pemberi warna ungu dan biru dalam makanan. Pigmen ini juga dikenal untuk mengurangi peradangan dan membantu mengurangi risiko kondisi kardiovaskular.

Jadi, mengonsumsi nasi ketan hitam dapat memberi dorongan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan kebugaran secara keseluruhan.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment