Mabes Polri Gelar Simulasi Pengamanan Awak Media Saat Unjuk Rasa Anarkis

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Mabes Polri menggelar simulasi pengamanan bagi awak media saat aksi unjuk rasa terjadi dan berujung ricuh atau anarkis, di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Sabtu (26/10/19).

Karo Multimedia Divhumas Polri Brigjen Pol. Drs. H. Budi Setiawan, M.M. mengatakan simulasi ini penting bagi awak media agar dapat memproteksi diri saat meliput aksi unjuk rasa.

“Kadang-kadang media itu kan ingin dapat gambar yang akurat, padahal bisa zoom, zoom kurang akurat, dia mendekat sekali, padahal itu daerah berbahaya, bahkan anggota pun tidak berani ke titik itu,” jelas mantan Analis Kebijakan Madya Kamneg Baintelkam Polri tersebut kepada awak media, di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Sabtu (26/10/2019).

Brigejen Pol. Budi Setiawan mengatakan terkadang emosi anggota Korps Bhayangkara akan menjadi berbeda ketika di lapangan.

Oleh karenanya, untuk menghindari terjadi aksi kekerasan pihaknya mengajak awak media untuk saling menjaga dengan melihat situasi kondisi.

“Dalam penanganan unjuk rasa untuk memberikan perlindungan pengetahuan kepada media diharapkan ke depannya dapat bisa mengamankan diri pada saat meliput setiap kejadian,” jelas mantan Kapolres Bandung Barat itu.

Mantan Kabag Deteksi Baintelkam Polri itu berharap simulasi atau pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan awak media saat meliput unjuk rasa yang rusuh.
Selain itu, awak media selalu bertugas dengan berpatokan pada standar operasional pelaksanaan (SOP).

“Pelatihan kali ini diharapkan dapat menambah kemampuan awak media diantaranya termasuk awak media memahami pola keamanan dalam penugasan kerusuhan yang dilaksanakan personel Polri. Awak media dapat melaksanakan tugas pada saat unjuk rasa dengan baik sesuai dengan SOP yang ada,” jelas Jenderal Bintang Satu itu.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password