Kondisi Papua Mulai Kondusif, Sebanyak 1.500 Personel Gabungan TNI-Polri Siaga Jaga Objek Vital

Tribratanews.polri.go.id – Jayapura. Kabid Humas Polda Papua, Kombes. Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal, menjelaskan bahwa situasi di Wamena, Papua sudah mulai kondusif pasca aksi demo yang berujung kerusuhan pada awal pekan ini. Kurang lebih 1.500 personel gabungan TNI – Polri masih siaga di tempat kejadian untuk mengamankan kondisi disana.

Personel gabungan tersebut bertugas untuk melakukan patroli keliling dan menjaga agar tak ada warga yang memprovokasi hingga berbuntut kericuhan jelas Kabid Humas Polda Papua.

“Aparat gabungan disiapkan di beberapa titik, terutama objek vital. Patroli untuk antisipasi mobilitas para perusuh,” jelas Kabid Humas Polda Papua, Sabtu (29/09/19).

Kabid Humas menjelaskan bahwa aktivitas perekonomian masyarakat di Wamena kini telah berjalan normal. Hal ini ditandai dengan aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh masyarakat yang sudah berjalan kembali beberapa hari ini.

“Kondusif dari hari ke hari. Aktivitas masyarakat sudah membaik, di beberapa sudut kota sudah nampak warga berjualan, jadi ekonomi juga sudah berjalan,” terang Kombes. Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal.

Kabid Humas juga memastikan di beberapa titik vital situasi sudah mulai kondusif dan aman. Ia pun berharap tak akan ada lagi aksi anarkisme dari pihak-pihak yang sebelumnya melakukan aksi provokasi.

Saat ini, sambungnya, yang paling utama adalah memastikan warga yang sebelumnya terdampak kerusuhan Wamena bisa kembali berkegiatan normal. Pihaknya juga membuat semacam kegiatan pemulilhan trauma (trauma healing) dan rehabilitasi untuk warga setempat.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password