Polda Lampung Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu

Tribratanews.polri.go.id – Bandar Lampung. epolisian daerah Lampung menggelar simulasi pencoblosan, pada pemilihan presiden, dan anggota legislatif, pada 17 April 2019. Agenda tersebut digelar di halaman Mapolda Lampung, Senin (11/03/19).

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol. Sulistiyaningsih, mengatakan simulasi tersebut, dilakukan guna menekankan tugas-tugas dan tupoksi para personel kepolisian untuk melakukan pengawasan jalannya pemilihan.

“Jadi tadi simulasi gitu, ada pencoblosannya, terus ada bentuk pengawasan di TPS, pengecekan kotak dan syarat suara, bahkan dari kantor KPU, ke TPS, hingga diantar lagi itu semua disimulasikan, agar anggota tahu seperti apa kerja mereka nanti,” jelas Kombes Pol Sulistiyaningsih, Senin (11/03/19), di Mapolda Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung menambahkan, dari teknis pengawasan TPS, setelah berkoordinasi dengan biro Operasional Polda Lampung, dan hasil rapat terus menerus dengan pihak penyelenggara, maka, memang ada pembagian untuk TPS yang rawan, dan tidak rawan.

Menurutnya, ada sekitar 7 ribuan personel Polda Lampung yang akan mengawasi jalannya pemilihan, atau 2/3 dari jumlah seluruh. Mereka akan mengawal 26.265 TPS yang tersebar di seluruh Provinsi Lampung. Pola pengamananannya, berdasarkan data dari Biro operasional Polda Lampung, 1 anggota akan menjaga 5 TPS kurang rawan 1 anggota menjaga 2 TPS, dan rawan 2 Anggota akan menjaga 1 TPS.

“Jadi dikelompokkan dari kurang rawan, rawan, dan sangat rawan,” tegas Kombes Pol. Sulistiyaningsih
Dari paparan secara umum, daerah yang memiliki jumlah TPS rawan cukup tinggi, adalah Kabupaten Tanggamus, dengan alasan kondisi geografis lengkap, mulai dari sungai, danau, gunung, dan letaknya yang saling berjauhan. Untuk rawan konflik Tidak ada, tapi secara umum, antisipasi Kamtibmas dijalankan.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password