Polisi Bongkar Penipuan Lowongan Kerja Konjen AS di Surabaya

Tribratanews.polri.go.id – SURABAYA. Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur (Jatim) mengamanakan seorang berinisial JS (37) atas dugaan tindak pidana penipuan lowongan pekerjaan Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Surabaya.

“Pelaku menawarkan bahwa Konjen AS di Surabaya membuka lowongan pekerjaan, dan apabila korban bersedia melamar pekerjaan, tersangka meminta persyaratan,” Wadirreskrimsus Polda Jatim, AKBP Arman Asmara Syarufudidin, S.H., S.I.K., M.H., di Mapolda Jatim, Surabaya, Senin (10/12).

Setidaknya sudah ada enam korban yang menjadi korban penipuan JS. Setelah memenuhi persyaratan administrasi yang ia tentukan, namun korban tak kunjung menerima kepastian.

Baca juga: Pasca Kekejaman KKB, TNI-Polri Jamin Keselamatan Pengungsi di Nduga

“Sudah ada enam korban dengan keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 12 juta. Tersangka menjanjikan korban akan mendapat gaji Rp 6 juta per bulan,” ujar AKBP Arman.

AKBP Arman mengatakan, sebelumnya tersangka memang pernah bekerja di Konjen Amerika Serikat di Surabaya sebagai pergudangan atau warehouse selama dua tahun. Hingga akhirnya, tersangka ditangkap polisi lantaran terjerat kasus narkoba dan mendekam di Lapas Madiun pada tahun 2008 hingga 2018.

Tersangka JS mengaku melancarkan aksi tersebut seorang diri. Adapun logo Konjen AS di Surabaya yang digunakannya untuk melancarkan aksi penipuan, diunduh dan diedit menggunakan dua aplikasi yang dipelajarinya secara otodidak.

Tersangka terancam hukuman pidana ITE tentang manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, perusakan informasi elektronik dan atau dokumen elektronik dengan tujuan agar seolah-olah data yang otentik, serta penipuan sebagaimana dimaksud dalam pas 35 jo pasal 51 ayat (1) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008, dan pasal 378 KUHP.

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password