Mutasi Polri, Kapolri Rotasi Kakorlantas dan 9 Kapolda

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Mabes Polri melakukan mutasi yaitu sebanyak 62 perwira tinggi dan menengah dimutasi.

Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D merotasi sejumlah Pati berdasar Surat Telegram Kapolri ST/2015/VIII/Kep/2018 dan ST/2014/VIII/Kep/2018 tertanggal 13 Agustus 2018.

Di antara Pati yang dirotasi adalah Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumewa dan sembilan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda).

Royke akan menempati pos baru sebagai Kapolda Maluku menggantikan Irjen Pol Andap Budhi Revianto yang akan menduduki pos baru sebagai Kapolda Kepri.

Kakorlantas Polri akan ditempati oleh Brigjen Pol Refdi Andri yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Provost Divisi Provesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Sementara itu, Kepala Divisi Propam Polri Irjen Pol Martuani Sormin akan menduduki jabatan baru sebagai Kapolda Papua, menggantikan Irjen Pol Boy Rafli Amar yang akan menempati pos baru sebagai Wakalemdiklat Polri.

Pengganti Martuani akan ditempati Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Banten.

Kapolda Banten pun akan ditempati oleh Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Karopaminal Divpropam Polri. Jabatan Karopaminal Divpropam Polri akan diisi Brigjen Pol Ignatius Sigit Widiatmono yang sebelumnya bertugas di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Sementara itu jabatan Kapolda Sumatera Utara pun turut dirotasi. Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw akan menempati pos baru sebagai Pati Lemdiklat Polri dalam rangka penugasan pada Lemdiklat Polri.

Sementara pengganti Waterpauw akan ditempati oleh Brigjen Pol Agus Andrianto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sumut. Sedangkan jabatan Wakapolda Sumut akan ditempati oleh Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto yang sebelumnya menjabat sebagai Koorspripim Polri.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin akan menempati pos baru sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhra Baharkam Polri. Posisi Macfud akan digantikan oleh Irjen Pol Luki Hermawan yang sebelumnya menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri.

Posisi Luki Hermawan akan digantikan oleh Irjen Pol Irjen Pol Suntana yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Lampung. Sementara posisi Kapolda Lampung akan dijabat oleh Brigjen Pol. Purwadi Arianto yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya, sedangkan posisi Wakapolda Metro Jaya akan ditempati oleh Brigjen Pol Wahyu Hadinigrat yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri.

Sementara jabatan Kapolda Kalimantan Selatan pun turut dimutasi. Irjen Pol Rachmad Mulyana yang saat ini menjabat Kapolda Kalsel akan menempati pos barunya sebagai Staf Ahli Sosial Ekonomi Kapolri, sedangkan jabatan Kapolda Kalsel akan ditempati oleh Irjen Pol. Yazid Fanani yangh sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri.

Jabatan Wakapolda Sulawesi Tengah yang saat ini dijabat oleh Kombes Pol Muhamad Aris Purnomo akan dirotasi. Jabatan Wakapolda Sulteng akan ditempati oleh Kombes Pol Setyo Budi Moemponei Harso yang sebelumnya menjabat sebagai Wadan PasGegana Koor Brimob Polri. Sedangkan Kombes Pol Muhamad Aris Purnomo akan menduduki jabatan baru sebagai Pamen Bareskrim Polri.

Irjen Pol Nandang MH yang saat ini menjabat Kapolda Riau akan menduduki jabatan baru sebagai Pati Baintelkam Polri, sedangkan posisi Kapolda Riau akan dijabat oleh Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo, yang sebelumnya menjabata sebagai Wakapolda Jawa Timur.

Sedangkan Posisi Wakapolda Jawa Timur akan ditempati Brigjen Pol Muhammad Iqbal yang sebelumnya menjabat sebagai Karopenmas Divisi Humas Polri. Jabatan Karopenmas akan ditempati Brigjen Pol Dedi Prasetyo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Tengah, sedangkan posisi Wakapolda Kalimantan Tengah akan ditempati oleh Brigjen Pol Rikwanto yang saat ini menjabat sebagai Karo Multimedia Divhumas Polri.

Jabatan Wakapolda Kepulauan Bangka Belintung juga turut dirotasi pimpinan Polri. Kombes Pol Tantan Sulistyana akan menempati pos baru sebagai perwira menengah Mabes Polri dan posisinya akan digantikan oleh Kombes Pol Djoko Erwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Infodok RO PID Divisi Humas Polri.

(nn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password