Ciptakan Pilkada Damai, Polda Metro Jaya Laksanakan Pengamanan 14.609 TPS

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Kepolisian Daerah Metro Jaya (Polda Metro Jaya) melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak di sekitar wilayah hukumnya sejumlah 14.609 TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada hari ini, Rabu (27/6).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono menerangkan wilayah yang akan dilaksanakan pengamanan Pilkada yaitu Depok, Bekasi, dan Tangerang. “Pengamanan itu dilakukan jika kepolisian memantau TPS, hingga masuk ke dalam lingkungan TPS. Anggota yang berjaga di TPS akan berkoordinasi dengan kepala TPS, sehingga betul-betul dipastikan bahwa anggota hanya bertugas mengamankan,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur tersebut menegaskan, anggota hanya mengamankan TPS, jadi tidak ada dan tidak diperbolehkan menghitung, jadi hanya mengamankan. “Jadi keseluruhan pengamanan yang kita libatkan ada 41.381 personel, dari 41.381 itu, TNI ada 3.363 personel, kemudian dari Linmas ada 29.218 personel, sedangkan dari Polda Metro Jaya ada 3.751 personel dan dari jajaran Polres ada 5.044 personel,” paparnya.

Pengamanan yang dilakukan Polda Metro Jaya di Depok, Bekasi, dan Tangerang sudah memiliki rencana pengamanan, selain dari Polda, juga dilibatkan pengamanan dari Polres, TNI, dan Linmas. Polda Metro Jaya menegaskan netralitasnya sesuai instruksi dari Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D.

“Seandainya ada yang tidak netral, akan ada sanksi mulai dari ringan sampai berat artinya mulai dari teguran sampai PTDH (Pemberhentian Tidak Dengan Hormat),” tegas Kabid Humas.

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password