Progo Sakti Polda DIY Berhasil Menangkap Pelaku Gendam. Kerugian Capai Hingga Rp. 103 Juta .

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Tim Progo Sakti Polda DIY bersama Resmob Polresta Yogyakarta dan Resmob Polres Bantul, Jumat (16/3/2018) pagi berhasil mengamankan dua orang diduga pelaku tindak pidana pencurian di halaman parkir RS Bethesda Gondokusuman Yogyakarta .

Penangkapan ini berawal dari peristiwa yang menimpa salah seorang Dosen PTN di Jogja. pada Kamis (8/3) yang lalu di RSA UGM. Pukul 08.30 WIB, korban yang baru menjalani pemeriksaan kesehatan, dan didekati oleh pelaku yang mengaku bernama Ismail. Setelah korban meninggalkan RS, datanglah kepada korban seseorang yang mengaku berasal dari Brunai Darussalam. Seseorang yang mengaku dari Brunai tersebut menawarkan kesemapatan untuk donasi kepada kaum jompo, yatim piatu dan difabel.

Saat terjadi pembicaraan ini, Ismail ikut terlibat. Sehingga Korban saat itu berbicara dengan Ismail dan orang yang mengaku berasal dari brunai darussalam, Dari pembicaraan bertiga inilah, kemudian korban terbujuk untuk menuju bilik ATM di Komplek RSA UGM.

Saat di tempat ATM, tanpa sadar Kartu ATM Korban telah digunakan oleh Pelaku untuk melakukan transaksi. Korban baru menyadari belakangan, saldo rekening tabungannya telah berkurang sebanyak Rp. 103.000.000,-. Korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke SPKT Polda DIY

Berdasarkan laporan, dan hasil penyelidikan lapangan, Progo Sakti Polda DIY kemudian mendatangi RS UGM untuk melakukan pemeriksaan pada TKP. Dari hasil penyelidikan lapangan, Progo Sakti Polda DIY mendapatkan informasi bahwa pelaku berada di Halaman Parkir RS Bethesda. Sehingga pada Jumat 16 Maret, 09.43 WIB Progo Sakti Polda DIY berhasil mengamankan dua pelaku tersebut.

Dua pelaku yang diamankan, S, asal Penrang, Sawitto, Sulawesi Selatan, dan AI, asal Pesanggarahan Jakarta Utara. Dua pelaku ini dalam menjalankan aksinya seolah tidak saling kenal satu dengan yang lain, saat mendatangi korban.

Bersama dengan dua tersangka, petugas berhasil mengamankan pula uang tunai Rp. 29.000.000,-, 98 buah kartu ATM, tujuh buah handphone, beberapa pakaian yang digunakan saat beraksi, satu buah kartu ATM (milik korban, TKP RS Bethesda), dan satu buah kartu ATM berisi Rp. 900  juta (fiktif) untuk mengelabui korban.

Uang tunai senilai Rp. 29.000.000,- yang diamankan di TKP Halaman RS Bethesda adalah milik korban yang baru saja ditipu. Dari pemeriksaan awal, pelaku mengaku telah melancarkan aksi modus gendam ini di beberapa tempat di Yogyakarta, Sumatera, Jawa Tengah dan Bali.

penulis : Jay
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password