Rekontruksi Pembunuhan Pelajar, Polres Libatkan Puluhan Personil

Tribratanews.polri.go.id, Polres Tanah Bumbu  menggelar rekonstruksi kasus pemerkosaan yang disertai dengan pembunuhan yang terjadi pada Rabu (16/11/2016), di jln Transmigrasi gang plajau indah Rt 06 desa Baroqah Kec Simpang Empat Kab Tanah Bumbu terhadap korban An. Fitrianor Hidayah 16 tahun.

Rekonstruksi yang menghadirkan tersangka 5 tersangka NE(26), SO(24), YAS(19), MK (33) dan SI(22) dalam adegan salah satu tersangka diperagakan oleh peran pengganti Karena tersangka dalam keadaan sakit, semua adegan ini dilakukan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) di jlnTransmigrasi gang plajau indah Rt 06 desa Baroqah Kec Simpang Empat Kab Tanah Bumbu, tepatnya di kos kos an berwarna biru tua di kos no 2 dan 3.

rekon1

Untuk mengamankan jalannya rekonstruksi kamis (19/1/2017) , Polres Tanah Bumbu menerjunkan lebih dari enam puluh personel pengamanan. Personel mengamankan rekonstruksi di semua lokasi kegiatan sampai dengan kegiatan reka ulang selesai dilaksanakan.

Ratusan warga tampak berkerumun ingin menyaksikan jalannya rekonstruksi terutama di sekitar TKP. Akibat banyaknya warga yang datang, Polisi terpaksa harus sangat ekstra dalam mengamankan kegiatan tersebut agar TKP tempat rekontruksi berlangsung benar-benar aman dan tetap steril.

Wakapolres Tanah Bumbu Kompol Norhayat S.IK. yang memimpin langsung pengamanan mengatakan, untuk mengamankan jalannya rekonstruksi Polres Tanah Bumbu menyiapkan 67 personel pengamanan.

“Kesiapan pengamanan dilakukan agar kegiatan berjalan lancar dan aman. Mengingat banyaknya warga masyarakat yang datang ingin menyaksikan proses reka ulang,” ucap wakapolres yang berdarah sunda ini.

Dalam pelaksanaanya, tersangka memperagakan langsung adegan mulai dari datang kerumah korban, proses pemerkosaan hingga pembunuhan, pergi meninggalkan rumah korban, membuang alat yang digunakan serta mengambil barang korban. Tersangka tampak lancar memperagakan setiap adegan dalam rekonstruksi.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tanah Bumbu AKP Khairul Basyar SH,SIK. mengatakan rekonstruksi merupakan salah satu bagian dari penyidikan tindak pidana. Salah satu tujuan dilakukan rekonstruksi adalah untuk mengungkap hal-hal yang belum tertuang dalam pemeriksaan.

Kasat Reskrim menambahkan dalam rangkaian kegiatan rekonstruksi kasus pembunuhan ini, tersangka memperagakan 60 adegan. Adegan dilakukan mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai dengan membuang barang bukti dan kabur meninggalkan TKP.

“Dilihat dari jalannya rekonstruksi yang dilakukan tersangka mulai dari mempersiapkan alat yang digunakan, patut diduga kuat tersangka telah merencanakan aksi pembunuhannya,” jelas Kasat Reskrim.

Sampai dengan kegiatan selesai rekonstruksi berjalan aman dan lancar. Selesai rekonstruksi tersangka meninggalkan lokasi dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Penulis   : Johan

Editor     : Kang Iqbal

Publish   : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password