Jaring Anggota Polri yang Profesional, Polres Sinjai Sosialisasikan Program Pembinaan dan Pelatihan di Sekolah

IMG-20171012-WA0009_1

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kabag Sumda Polres Sinjai Kompol Aminullah Masyur bersama anggotanya melaksanakan sosialisasi dalam rangka untuk mensosialisasikan program pembinaan dan pelatihan calon anggota Polri TA. 2018 di SMK Sinjai Utara dan di SMA Negeri 5 Sinjai Utara, Rabu (11/10/17).

Pada kegiatan sosialisasi tersebut kabag sumda mensosialisasikan tentang rencana pembinaan dan pelatihan calon anggota Polri TA. 2018, dan segera akan didatakan pelajar yang berprestasi dan memenuhi persyaratan serta memiliki minat untuk menjadi Anggota Polri.

Dan terhadap siswa, kata Aminullah,
dilakukan pemantauan terhadap perilaku dan karakter disekolah dan lingkungan, sehingga kedepannya diharapkan dapat terjaring anggota Polri yang profesional.

Sosialisasi dan pembinaan calon anggota Polri ini memegang teguh prinsip BETAH (Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis) dalam penerimaan Polri terus digalakkan agar terjaring calon-calon anggota Polri yang profesional.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan ukur tinggi dan berat badan bagi siswa yang berminat sebagai salah satu persyaratan untuk menjadi anggota Polri.

Kabag sumda polres sinjai mengatakan untuk menjalankan program ini maka diawali dengan proses bimbingan dan latihan bagi para pemuda-pemudi yang berminat menjadi anggota Polri, dan kegiatan ini pula dilakukan oleh anggota Babhinkamtibmas dengan mencari pelajar yang berptestasi di setiap sekolah yang ada di desa binaannya untuk didatakan.

Syarat utama seleksi bimbingan dan latihan, diantaranya, tinggi badan, berat badan, tidak pernah terlibat pidana serta memenuhi persyaratan administrasi.

Kegiatan berlangsung tertib aman dan lancar.

Sosialisasi dan pembinaan calon anggota Polri ini memegang teguh prinsip BETAH (Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis) dalam penerimaan Polri terus digalakkan agar terjaring calon-calon anggota Polri yang Profesional.

Komitmen untuk menerapkan prinsip BETAH terlihat saat panitia penerimaan Calon Siswa (Casis) Polri tahun 2017 jajaran Polda Sulsel diambil sumpah dan menandatangani Pakta Integritas, Selasa (21/2). Kegiatan ini dipimpin langsung Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri, Irjen Polisi Arif Sulistianto melalui video conference (Vicon).

Agar proses seleksi anggota Polri tahun 2017 bersih dan transparan, Asisten SDM Polri, Irjen Arief Sulistyono melalui Vicon Polda se-Indonesia memerintahkan petugas seleksi untuk disumpah.

Pengambilan sumpah ini dimaksudkan untuk menjamin transparansi dalam proses penerimaan Polri yang akan dilaksanakan oleh Polda Sulsel dalam waktu dekat ini. Bila calon diketahui berbuat kecurangan, maka akan dicatat dan dipidanakan. Dan untuk anggota Polri, akan diberikan sanksi disiplin.

Pemberian penghargaan (reward), serta sanksi (punishment) bagi seorang anggota Polri, pernah ditegaskan oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. jenderal polisi Bintang Empat di pundaknya ini menginginkan adanya reformasi polisi agar lebih humanis dan memberikan penghargaan kepada anggota berprestasi. Sebaliknya bagi oknum yang memperburuk citra polri, maka harus dihukum dengan tegas.

Menurut mantan Kepala BNPT ini, pemberian penghargaan kepada anggota yang berprestasi dan mengabdi secara tulus merupakan salah satu bentuk reformasi polisi. Karena dengan adanya penghargaan, bisa memberikan motivasi kepada anggota untuk bekerja lebih baik.

“Saya ingin reformasi polisi ini. Pemberian reward dan punishment benar-benar diberikan. Saya memancing kepada Polda dan Kapolres lain supaya mereka betul-betul memberikan reward kepada anggotanya yang baik dan bekerja dengan tulus dan berprestasi,” kata Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Penulis : Bara

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password