Dana Desa Rp 110 Juta Raib di Rumah Kades, Polsek Bualemo Lakukan Olah TKP

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Polres Banggai – Dana Desa sejumlah Rp 110 juta Longkoga Barat, Kecamatan Bualemo, raib didalam rumah milik Plt Kepala Desa Ismit Karim, Sabtu (19/8/2017) sekira 05.00 wita.

Kapolres Banggai AKBP Heru Pramukarno SIK yang dikonfirmasi melalui Kapolsek Bualemo AKP Uin Sasube, mengatakan istri Kades Longkoga Barat kaget ketika melihat jendela kamar tempat disimpannya dana terbuka.

Ismid Karim pun terbangun dan langsung menuju kamar berbeda tempat disimpannya dana desa tersebut. Setelah dicek, uang rakyat itu lenyap.

“Uangnya disimpan di dalam peti, digembok, lalu disimpan di dalam kamar,” ungkap Kapolsek Bulaemo.

Lanjut Kapolsek, selain jendela kamar, gembok peti juga sudah terbuka. Uang yang ada di dalam peti terdiri dari dana desa sebanyak Rp 58,5 juta dan pajak dana desa senilai Rp 51,5 juta. “Totalnya Rp 110 juta,” tuturnya.

Polsek Bualemo sudah melakukan olah TKP dan mengamankan peti tempat penyimpanan uang Rp 110 juta ke Mapolsek. Pelakunya hingga saat ini belum diketahui dan masih dalam proses lidik.

“Plt Kades selaku pelapor, aparat desa serta pengelola dana desa lainnya sudah dimintai keterangan,” sebut Kapolsek.

Terpisah, ada yang aneh berdasarkan pengakuan bendahara desa, Sam. Sebutnya, uang tersebut sudah dicairkan sejak sebulan lalu. Nanti setelah dikabarkan hilang, barulah dia tahu uang itu disimpan di rumah Kades.

“Setahu saya sudah diserahkan ke TPK,” ungkap Sam.

Sam juga menambahkan, saat dicairkan, selaku bendahara takut menyimpan uang sebanyak itu. Akhirnya diserahkan kepada Kades dengan harapan segera disalurkan ke masing-masing TPK.

Penulis      : Tim
Editor        : Umi Fadilah
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password