Polda Kep. Babel Bersama PT AKS Hijaukan Lahan Ex Tambang 10 H

Tribratanews.polri.go.id,_ Babel, Polda Kepulauan Bangka Belitung bersama Smelter Swasta PT AKS (Aries Kencana Sejahtera) yang bergerak di bidang Pertambangan telah menghijaukan lahan eks tambang seluas 5 Hektar di Desa Pemali Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka Tengah, dengan cara menanam berbagai macam buah buahan dan menabur bibit ikan nirwana di kubangan/ Kolam sebanyak 20.000 ekor, Kamis (13/7/2017).

Lahan yang sudah disiapkan oleh Pihak PT AKS seluas 10 Hektar, namun yang sudah siap dihijaukan dengan menanam berbagai buah buahan seluas 5 Hektar, Ujar Wakapolda Kep. Babel Kombes Pol Tantan Sulistyana SH SIK saat menyampaikan sambutan Kapolda Kep. Babel Brigjen Pol Drs. Anton Wahono di hadapan para tamu undangan di Lahan Eks Tambang Desa Pemali Kec. Pemali Kab. Bangka, Kamis (13/7/2017).

Selanjutnya Wakapolda mengatakan dalam sambutannya, bahwa Kegiatan Penghijauan ini merupakan Program Go Green Bhabinkamtibmas yang dicetuskan oleh Brigjen Pol Drs. Anton Wahono sejak menjabat Kapolda Kep. Babel pada tangal 12 Oktober 2016, dan Program Go Green Bhabinkamtibmas ini pertama kali dilaksanakan di Desa Bukit Kujang Kecamatan Namang Kab. Bangka Tengah pada tanggal 10 Pebruari 2017 melalui kerja sama dengan PT Timah dan sudah pernah panen raya pada tanggal 2 Mei 2017.

Saat sekarang ini (Kamis, 13 Juli 2017) Polda Kep. Babel bekerja sama dengan PT. AKS melakukan Program Go Green Bhabin Kamtibmas yang ke-5 di Desa Pemali Kec. Pemali Kab. Bangka.

Lokasi Program Go Green Bhabinkamtibmas yang telah dilaksanakan oleh Polda Kep. Babel, berturut turut yaitu :
1. Pertama, di Kec. Namang Kab. Bangka Tengah, bekerja sama dengan PT. Timah (Tbk);
2) Kedua, di Kabupaten Belitunh, Bekerja sama dengan PT Timah (Tbk);
3) Ketiga, di Kabupaten Belitung Timur, Bekerja sama dengan PT. Timah (Tbk);
4) Keempat, di Kabupaten Bangka Barat, Bekerja sama dengan PT Timah (Tbk);
5) Kelima, di Desa Pemali Kec. Pemali Kab. Bangka, Bekerja sama dengan PT AKS, dan sekarang sedang berlangsung;
6) Keenam, di Dusun Tutut Desa Penyamun Kec. Pemali Kab. Bangka, Bekerja sama dengan PT Timah (Tbk) dan dilaksnakan hari ini juga Kamis (13/7/2017) setelah penghijauan bersama PT AKS selesai.

Wakapolda juga mengatakan, bahwa penghijauan bersama PT AKS sebagai Program Go Green Bhabinkamtibmas ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi di Polda Kep. Babel beberapa hari yang lalu yang dihadiri Para Perusahaan Smelter Swasta. Saat Rapat tersebut, Pihak Polda Kep. Babel telah menginformasikan kepada Para Perusahaan Smelter, bahwa ada lahan eks tambang seluas sekitar 440 (empat ratus empat puluh) Hektar di Provinsi Kep. Babel yang harus dihijaukan kembali guna melestarikan lingkungan dengan menanam berbagai buah buahan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Di Lain Pihak, Direktur PT AKS Bapak Samuel dalam sambutannya mengatakan, bahwa dirinya tidak hanya numpang kerja di Bangka, tapi Bangka sudah kami anggap sebagai rumah kedua kami, dan Kami berkomitmen membantu Pemerintah dan Masyarakat dalam melestarikan lingkungan dengan menanam pohon buah buahan di lahan eks tambang, supaya lahan eks tambang ini lebih produktif dan lebih bermanfaat bagi Masyarakat setempat.

Kabid Humas Polda Kep. Babel AKBP Abdul Mun’im di sela sela acara Go Green Bhabinkamtibmas di Lahan Eks Tambang PT AKS mengatakan, bahwa Program Go Green melalui penghijauan dengan menanam buah buahan ini murni ide Kapolda Kep. Babel karena Beliau melihat banyak lahan eks Tambang terbengkalai dan tidak dimanfaatkan, sehingga mendorong dan mengajak PT. Timah (Tbk) dan Para Perusahaan Smelter Swasta lainnya untuk melakukan penghijauan.

PT AKS ini merupakan Perusahaan Smelter Swasta yang kali pertama melakukan penghijauan dengan menanam berbagai buah buahan seluas 10 Hektar di Desa Pemali Kec. Pemali Kab. Bangka, dan buah buahan yang ditanam ini akan dikelola oleh Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) dengan pengawasan dan pengendalian dari 3 Pilar Desa yaitu Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, yang akhirnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena hasil panen nantinya untuk kepentingan masyarakat setempat, ungkap Kabid Humas.

Dalam acara Go Green Bhabinkamtibmas ini, juga dilaksanakan Penyerahan bibit buah buahan dan bibit ikan nirwana serta kendaraan Bermotor secara simbolis oleh Wakapolda kep. Babel didampingi Bupati Bangka dan Direktur PT. AKS kepada Gapoktan, Kades, Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Pemali Kec. Pemali Kab. Bangka, lalu dilanjutkan dengan penanaman pohon buah buahan, seperti jambu, mangga, biah naga, Pisang dan lan lain, serta Penebaran benih ikan nila sebanyak 20.000 ekor, dilanjutkan foto bersama.

Pejabat yang hadir dalam acara Go Green Bhabinkamtibmas di Desa Pemali Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka yaitu: Wakapolda Kep. Babel (KBP Tantan Sulistyana, SH, SIK), Bupati Bangka (Tarmizi Saat), Danlanal Babel, Kasi Pers Korem 045/ Garuda Jaya, Direktur PT AKS (Samuel), Dirbinmas Polda Babel KBP Badya Wijaya, Kabid Humas AKBP Abdul Mun’im, Wadir Reskrimsus AKBP Indra, Sik, Kapolres Bangka AKBP Johannes Bangun SIK, Unsur Muspida Kab. Bangka, Dankipan TNI AD Sungailiat, Camat Se Kab Bangka, Para Aparatur Pemdes Pemali Kec. Pemali, Para ketua dan anggota FKPM Kab. Bangka, Para Toga, Tomas dan Toda Desa Pemali Kec. Pemali Kab. Bangka serta tamu undangan yang berjumlah sekitar 350 (Tiga Ratus Lima Puluh) orang.

Penulis : Abdul Mun’im
Editor : Umi Fadilah
Publish : Rohen/ Babel

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password