Benda Diduga Bahan Peledak Ditemukan di Desa Kolongan Selatan Talaud

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Sebuah benda diduga bahan peledak ditemukan di muara sungai Desa Kolongan Selatan, Kecamatan Kolongan, Kabupaten Kepulauan Talaud, Senin (19/06/2017) sekitar pukul 20.30 WITA. Benda tersebut ditemukan oleh Alhendri Pontolimiu dan Junal Sasauw, warga setempat, saat berburu di sekitar lokasi penemuan.

Berawal ketika keduanya mendapati tas jinjing warna hitam berukuran sekitar 18 x 24 cm. Penasaran, kedua saksi lalu membuka tas tersebut dan terkejut karena ada rangkaian kabel di dalamnya. Keduanya ketakutan lalu memberitahukan kejadian ini kepada Kepala Desa Kolongan, Gerson Sasegade, yang diteruskan dengan melapor ke pihak Polsek Lirung dan Babinsa setempat.

Penemuan benda mencurigakan tersebut sontak menghebohkan dan sempat meresahkan warga setempat. Namun pihak pemerintah desa, kepolisian dan TNI berhasil menenangkan warga dan meminta untuk mempercayakan penanganan penemuan ini kepada pihak yang berwajib.

Usai melakukan olah TKP, personel Polsek Lirung dibantu pemerintah desa dan Babinsa kemudian mengevakuasi benda temuan tersebut ke Mapolsek Lirung. Setelah dilakukan pemeriksaan, tas yang bagian dalamnya dilapisi spons tipis itu berisi kabel listrik, serbuk belerang, lampu indikator dan sekering listrik.

Petugas menduga, benda ini merupakan bom ikan yang belum terangkai sempurna. Dugaan ini dikuatkan dengan masih ditemuinya nelayan yang menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan, yang dapat merusak ekosistem laut.

tld-2

Kabar penemuan tersebut mengundang perhatian serius Kapolres Talaud, AKBP Hendra Sukaca dan Wakapolres, Kompol Maria Boki Buida yang mendatangi Mapolsek Lirung untuk melihat langsung benda temuan, Selasa (20/06) pagi.

Dijelaskan Kapolres, benda yang ditemukan warga tersebut sudah diperiksa oleh Brimob bersama TNI, dan diduga kuat bahan untuk membuat bom ikan. “Ini campuran untuk bom ikan yang belum lengkap dan hanyut terbawa ombak sampai ke muara sungai,” terangnya. “Masyarakat jangan panik, silahkan beraktivitas seperti biasanya,” pungkasnya.

Penulis: Stenly
Editor: Umi Fadilah
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password