Safari Ramadhan di Polda Sumbar, Kalemdikpol sampaikan Amanat Kapolri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, Hari ini Kepala Lembaga Pendidikan Polri, Komjen Pol Drs. Moechgiyarto, SH. M.Hum melakukan kunjungan kegiatan Safari Ramadhan, yang diawali dengan buka puasa bersama di Polda Sumbar, Senin (19/6) sore.

Dalam kunjungan tersebut diikuti oleh Karo Renmin Lemdikpol Brigjen Pol Drs. Agus Prayitno, Kasespimma Lemdikpol Brigjen Pol Drs. Syafril Nursal, Tutor Gadik Utama AKBP Erik Bismo, S.ik.

Diawali dengan buka bersama di Mapolda Sumbar yang dihadiri oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Fakhrizal, M.Hum, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Dra. Nur Afiah, Kepala BNNP Sumbar Brigjen Pol Drs. Syamsul Bachri, dan pejabat utama Polda Sumbar, serta beberapa Kapolres dilingkungan Polda Sumbar.

IMG-20170619-WA0272

Sebelum melaksanakan buka puasa bersama, Kalemdikpol Komjen Pol. Moechgiyarto menyampaikan sambutan dan amanat dari Kapolri, diantaranya terkait akhir-akhir ini tentang pemberitaan media terutama di media sosial terkait hal-hal yang dapat memecah persatuan bangsa.

“Oleh karena itu kita perlu side back kembali tentang catatan sejarah berdirinya Bangsa Indonesia. Lahirnya Sumpah Pemuda merupakan momentum penting bagi cikal bakal pembentukan Negara Indonesia”, ujar Kalemdikpol dihadapan para pejabat Polda Sumbar.

Sampai saat ini Indonesia telah berhasil mempertahankan NKRI selama 72 tahun karena semangat sumpah pemuda yang dibentuk oleh 3 pilar komponen bangsa, yaitu Kaum Nasionalis, Laskar Pemuda, dan Para Ulama.

Indonesia merupakan bangsa yang unik karena terdapat beragam suku, agama dan ras dengan adat dan bahasa yang berbeda, namun disisi lain keberagaman tersebut juga dapat melahirkan perpecahan.

“Perbedaan yang tidak dikelola dengan baik, akan berpotensi menjadi sumber konflik yang dapat memecah kesatuan dan persatuan bangsa”, ucapnya.

Pancasila merupakan kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan merupakan pandangan hidup bangsa dan Negara Indonesia. Oleh karena itu Pancasila dapat menjadikan kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki jati diri yang harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkaitan dengan hal tersebut, keamanan merupakan prasyarat utama bagi terlaksananya pembangunan nasional yang lancar dan berkesinambungan.

“Artinya bahwa keamanan yang mantap dan kondusif, akan memicu menggeliatnya dunia usaha yang dapat mendatangkan investasi, sehingga mendorong lancarnya pembangunan nasional”, kata Komjen Pol Moechgiyarto menambahkan.

Tugas kita bersama menciptakan situasi keamanan yang kondusif guna kelancaran pembangunan nasional dengan cara meminimalisir potensi konflik, dan perbedaan harus diperkecil dan diminimalisir. Komponen bangsa terus bersatu dalam titik temu yang sama.

Diakhir sambutannya, Kalemdikpol mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolda Sumbar beserta jajarannya dan seluruh elemen masyarakat atas kerja sama yang baik, sehingga silaturahmi pada acara Safari Ramadhan dalam rangka Operasi Ramadniya 2017 dapat terlaksana dengan lancar dan sukses.(*).

Penulis : R. Fauzi/Sumbar
Editor : Umi Fadilah
Publish : R. Fauzi/Sumbar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password