Hate Speech : Lecehkan Presiden RI, MTP Ditangkap Dit Tipid Siber

 

 

Tribratanews.polri.go.id – Mabes Polri. Tim Cyber Crime Polri telah melakukan penangkapan terhadap pelaku penyebar Hate Speech atas nama MTP (45).

Penangkapan ini berdasarkan laporan masyarakat yang sangat jengah dengan akun Youtube Dede Tamim36, yang mana akun tersebut berisi video dengan konten ujaran kebencian berbau SARA, utamanya terkait Presiden Joko Widodo, Kapolri dan kata-kata yang tidak pantas.

Baca juga: Hate Speech dan SARA : Tim Siber Mabes Polri Tetapkan MS Sebagai Tersangka

“MTP ditangkap Senin kemarin tanggal 6 Juni 2017. Kami juga menyita barang bukti berupa tahun 1 (satu) unit Laptop Lenovo warna hitam, 1 (satu) buah HP OPPO F1S beserta Simcard,” ungkap Kasubdit 2 Tipidsiber Bareskrim Polri.

Lebih lanjut di jelaskan dalam akun-akunnya MTP juga mengaku sebagai profesor. Hal ini dibantah oleh press release LIPI dalam link resminya http://lipi.go.id/siaranpress/lipi-tidak-pernah-kukuhkan-tamim-pardede-sebagai-profesor-riset/17738.

Baca juga: Polisi Tangkap Peretas Situs Resmi Dewan Pers Indonesia

Selanjutnya untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dikenakan pasal tindak Pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) dan/atau dengan sengaja menunjukkan kebencian atau rasa benci kepada orang lain berdasarkan diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau di muka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia sebagaimana dimaksud dalam pasal 45A ayat (2) Jo pasal 28 ayat (2) dan/atau Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau pasal 16 Jo pasal 4 huruf b angka 1 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau pasal 156a KUHP.

Dalam kesempatan ini pula Kombes Pol Himawan menghimbu kepada masyarakat agar lebih selektif jika mendapati postingan media sosial yang berbau SARA dan hate speech.*

Penulis: Tiyan

Editor: Umi Fadilah

Publish: Alam / Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password