Personel Polda Bali Wajib Ikut Ujian Beladiri Polri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Personel Polda Bali melaksanakan ujian beladiri Polri dari tanggal 2 s.d 9 Mei 2017 di GOR Lila Bhuwana Denpasar. Pelaksanaan ujian beladiri ini diselenggarakan secara berkala setiap enam bulan atau semester . Masing-masing Satker  sudah diatur jadwal pelaksanaan ujiannya oleh Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Bali.

Dalam pemberian nilai, Biro SDM Polda Bali menghadirkan pelatih yang sudah paham dengan tehnik-tehnik beladiri Polri.  AKP I Wayan Putra Antara, S.Pd., AKP I Nyoman Suastana, S.H., dan Kompol L.K Amy R. Prakasa, S.IP., M.M. pun ditunjuk untuk memimpin pelaksanaan kegiatan tersebut. Dalam pelaksanaannya personel Polda Bali diminta melakukan gerakan tehnik dasar beladiri Polri, tehnik beladiri tanpa alat dan tehnik beladiri dengan alat melawan alat.

 Contoh gerakan tehnik dasar beladiri Polri yaitu jatuh ke kiri / kanan dan  depan / belakang, roll depan jatuh kiri / kanan, pukulan, tangkisan, tendangan dan dasar membawa tahanan. Untuk gerakan tehnik beladiri tanpa alat yaitu melepas pegangan tangan dan baju, melepas cekikan dan sekapan, menghindari pukulan dan  tendangan, menghindari serangan tongkat dan pisau serta menghindari todongan pistol dan clurit. Sedangkan untuk gerakan tehnik beladiri dengan alat melawan alat yaitu tongkat sebagai alat menghadapi tusukan pisau dari depan dan menghadapi bacokan clurit dari arah kepala, borgol sebagai alat menghadapi pukulan tongkat kearah kepala dan kopelrim sebagai alat menghadapi tikaman pisau.

AKP I Wayan Putra Antara, S.Pd. menjelaskan bahwa tujuan dari ujian beladiri ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan personel Polda Bali dibidang beladiri. “Nilai ujian beladiri ini akan dikirim ke Mabes Polri melalui aplikasi online, untuk memudahkan pengecekan data. Nilai ini juga akan dipergunakan untuk mendapatkan rekomendasi jika ada personel yang mengikuti sekolah seperti Sekolah Inspektur Polisi (SIP) dan Sekolah Alih Golongan (SAG),” ujar perwira murah senyum dan ramah ini, Jumat (5/5).

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password