Kapolres Sintang: Fungsi Binmas Adalah Fungsi Yang Dikedepankan

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Sintang – Setiap kegiatan yang ada dimasyarakat selalu berhubungan langsung kepada fungsi Pembinaan Masyarakat (Binmas), menyikapi situasi tersebut Dit Binmas Polda Kalbar melaksanakan Pembinaan Teknis Fungsi Binmas kepada Anggota Sat Binmas Polres Sintang dan Bhabinkamtibmas jajaran Polres Sintang, Rabu (26/04/2017).

Kegiatan Binteknis fungsi binmas tersebut dilaksanakan pada pukul 09.00 wib, di Aula Balai Kemitraan Polres Sintang dan dibuka langsung Kapolres Sintang, Akbp Suharjimantoro,SIK, didampingi Ketua Tim Binteknis Akbp Y. Andis Arya P.P.SH, MH dan dihadiri olehTim Pemateri Dit Binmas Polda Kalbar, Kabag, Kasat, Kasie dan peserta Binteknis Fungsi Binmas jajaran Polres Sintang.

Dalam sambutannya Kapolres Sintang menyampaikan bahwa di Polres Sintang sudah menerapkan beberapa pola Harkamtibmas, yang mana dalam pelaksanaannya diutamakan giat deteksi, giat  yang seharusnya diemban fungsi Intelijen dikarenakan kekurangan personil Intelkam maka Fungsi Binmas juga mengemban Fungsi Deteksi yang mana setiap harinya para Bhabinkamtibmas akan menyerap segala informasi pada desa binaan dan akan dilaporkan secara berjenjang yang mana informasi tersebut juga akan digunakan sebagai penyusunan Prediksi Intelijen Harian (PIH).

Lebih lanjut dikatakannya bahwa deteksi sendiri dibagi menjadi deteksi dini dan deteksi aksi, jadi didalam penerapannya para Bhabinkamtibmas tidak hanya melaporkan sesuatu kejadian yang sudah terjadi namun Bhabinkamtibmas menjadi pemecah masalah (problem Solving) guna mengurangi dampak dari kejadian yang terjadi. Saat ini Polres Sintang sudah memiliki System Monitoring, Communication & Command Center (SM3C).

” Kedepan para Bhabinkamtibmas akan di lengkapi dengan Andoid berbasis GPS agar dalam pelaksanaan tugas dilapangan pimpinan dapat mengetahui keberadaan anggota serta mempermudah dalam pelaporan,” imbuh Akbp Suharjimantoro.SIK

Sementara itu, Ketua tim Binteknis Fungsi Binmas Kabag Bin Ops AKBP Y. Andis Arya P. P, S.H, M.H dihadapan para peserta Binteknis menyampaikan bahwa fungsi Binmas merupakan fungsi yang paling penting karena ke depan fungsi Binmas sangat diperhatikan oleh Pimpinan Polri salah satunya melalu tunjangan jabatan Babinkamtibmas yang semula Rp. 1.200.000,- direncanakan akan dinaikkan menjadi Rp 1.500.000.

“untuk itu masalah pelaporan diharapkan laporan bulan harus tepat waktu yaitu paling lambat tanggal 3 setiap bulannya dan kami ucapkan terima kasih kepada Kapolres Sintang dan Kasat Binmas sudah tepat waktu mengirim laporannya, karena laporan dari Polda ke Mabes selambat-lambatnya tanggal 5 setiap bulannya dan demi tercepatnya pengiriman laporan bulanan dikirim via email,” ungkap Akbp Arya.

Lebih jauh disampaikannya Dit Binmas Polda Kalbar dalam beberapa waktu ke depan akan melaksanakan operasi Karhutla dengan berkoordinasi dengan Ro Ops Polda Kalbar dan akan mengirimkan TR ke Jajaran untuk pemetaan titik Hot Spot tahun 2016, rencana operasi Karhutla dilaksanakan 2 kali operasi yang pertama operasi yang berkaitan kegiatan penyuluhan atau himbauan dan penyebaran brosur-brosur atau memasang spanduk pamflet untuk waktu direncanakan bulan Juli yang akan dilaksanakan selama 21 hari sedangkan operasi kedua yaitu operasi penegakan hukum yang rencana pelaksanaan menunggu cuaca apabila kemarau.

” Kita akan koordinasi dengan Ro Ops Polda Kalbar untuk menentukan harinya, untuk pelaksanaannya selama 21 hari. Menurut BMKG provinsi Kalbar untuk kemarau akan terjadi sekitar bulan Agustus namun tidak lama kisaran sekitar 11 sampai 15 hari,” paparnya.

Penulis : Hariyanto
Editor : Umi Fadilah
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password