Cegah Hal-hal yang Tidak Diinginkan Pawas Polres Sinjai Cek Ruang Tahanan

Tribratanews.polri.go.id – Sinjai Sulsel, Polres Sinjai secara rutin terus meningkatkan pengamanan dan pengawasan ruang tahanan dengan melakukan pengecekan ruang tahanan, dan kali ini dilakukan oleh perwira pengawas kasat narkoba polres sinjai Ajun Komisaris Polisi (AKP) Burhan, S.H. Senin (24/04).

Kegiatan sesuai petunjuk Kapolres Sinjai Ajun Komisaris Besar Polisi (Akbp) H. Agus Dwi Hermawan, S.Ik, S.H.,M.Kn bahwa seluruh perwira polres sinjai wajib melakukan pengecekan tahanan, terutama perwira yang bertugas sebagai pawas setiap harinya.

“Kita tingkatkan kewaspadaan, hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama seperti tahanan melarikan diri,” ujar kapolres sinjai.

Selain mengecek dan memeriksa setiap sudut ruangan, pawas juga melihat kondisi para tahanan dan berpesan agar selalu menjaga kesehatan, kebersihan ruangan, tidak membawa masuk barang-barang yang dilarang.

Dalam kegiatan tersebut pawas berpesan kepada tahanan agar mematuhi segala aturan yang ada dan jalani dengan ihklas. Jangan malah menambah persoalan yang merugikan diri dan keluarga dengan berupaya kabur,” jelasnya.

Kepada petugas jaga pawas juga menekankan agar selalu waspada. Periksa dan cek setiap saat, termasuk pintu ataupun kunci dan tetap berhati-hati utamakan keselamatan dan jangan lupa pula perhatikan makan dan olah raga tahanan sehingga tahanan tidak berpikir macam-macam selama menjalani penahanan. tuturnya.

Menurut penjelasan Peraturan Kapolri (Perkapolri) Nomor 4 Tahun 2005, yang dimaksud Rumah Tahanan Polri yang selanjutnya disebut Rutan Polri adalah suatu tempat khusus  untuk menahan seseorang sesuai dengan tindak pidana yang  dipersangkakan kepadanya dalam proses penyidikan. Selain itu, pada salah satu bagian pasal menyebutkan juga bahwa, setiap tahanan juga pada prinsipnya berhak mendapat perawatan berupa : dukungan kesehatan, makanan, pakaian, dan kunjungan.

Ketentuan lebih lanjut mengenai perawatan dalam bentuk dukungan kesehatan dijelaskan dalam Pasal 7 Perkapolri 4/2005. Salah satu yang diatur dalam ketentuan tersebut adalah kewajiban petugas jaga tahanan untuk meneliti kesehatan tahanan pada waktu sebelum, selama dan pada saat akan dikeluarkan dari Rutan dengan bantuan dokter atau petugas kesehatan.

Dalam keadaan darurat atau tahanan sakit keras, seorang dokter atau petugas kesehatan pun dapat didatangkan ke Rutan yang berada dan/atau ke rumah sakit dengan dikawal oleh petugas kawal sesuai dengan prosedur. Adapun yang dimaksud Petugas Kawal dalam Perkapolri nomor 4 tahun 2005 itu menyebutkan Petugas kawal adalah anggota Polri yang diberi tugas untuk melaksanakan pengawalan tahanan Polri selama tahanan berada di luar Rutan Polri.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa jelas kiranya bahwa hak narapidana maupun tersangka telah dilindungi oleh sejumlah peraturan yang kami sebutkan. Oleh karena itu, pihak-pihak yang bertanggungjawab langsung atas terpenuhinya hak-hak baik narapidana maupun tersangka harus mematuhi peraturan tersebut. Bagaimana pun juga, perlindungan hukum merupakan salah satu hak asasi manusia yang harus dijunjung oleh semua pihak.

Terkait dengan kondisi Rutan Polri yang harus mendapat perhatian, Kabag Penum Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu mengemukakan, Polri sejak tahun 2006 sudah menerapkan standar ruang tahanan yang sesuai dengan koridor penilaian hak asasi manusia atau HAM. Salah satu yang menjadi penilaian yakni adanya penerangan yang layak dan kamar mandi di ruang tahanan.

“Tidak semua ada kamar mandi sih. Kan ada tahanan isinya lima, kamar mandi satu. Yang jelas, Polri sudah melakukan upaya perbaikan dan perubahan terhadap ruang tahanan (Rutan). Hal itu kita kondisikan sesuai standar,” ujar Kombes Martinus Sitompul.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

Admin Polri55694 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password