Antisipasi Kejahatan Malam Hari, Kapolres Luwu Pimpin Operasi Cipta Kondisi

Tribratanews.polri.go.id – Luwu Sulsel, Dalam rangka memelihara kamtibmas khususnya dimalam akhir pekan Polres luwu menggelar Ops kepolisian dimalam hari. di tiga wilayah yaitu pertama di Belopa, kedua di Ponrang  dan ketiga di Wakenrang, Minggu ini (15/4/17).

Kapolres Luwu AKBP Ahmad Yanuari Inasan S.Ik. M.Si. memimpin langsung pelaksanaan Operasi cipta Kondisi mulai jam 08.00 s/d 01.00 wita. di perempatan jalan depan Pos Tugu Belopa Kab. Luwu.

Sasaran pemeriksaan adalah orang, barang dan kendaraan angkutan umum/pribadi yang diduga membawa bahan peledak, senjata api, senjata tajam, narkortika, miras, sedangkan pemeriksaan orang dengan sasaran DPO dari benerapa pelaku tindak pidana, serta inventarisir kelompok masyarakat yang berangkat ke Makassar untuk menghadiri Tablig akbar Masirah Panji Rasulullah.

Usai operasi malam dilanjutkan dengan patroli berskala besar. Kepada masyarakat tidak perlu khawatir untuk beraktifitas. Ops kepolisian yang dilaksanakan adalah untuk menciptakan kamtibmas agar aktifitas tidak terganggu.

“Bagi penguna jalan umum yang telah diperiksa oleh pihak kepolisian kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya, dan permohonan maaf atas terhambatnya perjalanan karena operasi kepolisian ini,” ucap Kapolres.

Perlu diketahui Operasi Kepolisian adalah serangkaian tindakan Polri dalam rangka pencegahan, penanggulangan, penindakan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, dan penanganan bencana yang diselenggarakan dalam kurun waktu tertentu, sasaran tertentu, cara bertindak, pelibatan kekuatan, dan dukungan sumber daya tertentu tergantung pada informasi yang diperoleh pimpinan dalam menyusun rencana operasi.

Dilaksanakan oleh beberapa fungsi kepolisian yang beragam dalam bentuk satuan tugas (Satgas). Operasi kepolisian dikendalikan oleh Kepala Operasi dan menggunakan standarisasi operasi kepolisian untuk mengukur keberhasilannya. Polri menggunakan Perkap 9 tahun 2011 tentang Manajemen Operasi Kepolisian sebagai dasar acuannya.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password