Inilah 3 Candi Terluas dan Terbesar di Indonesia

10 January 2023 - 20:34 WIB
nu.or.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Indonesia memang memiliki banyak bangunan yang merupakan peninggalan sejarah kerajaan Hindu-Buddha. Salah satunya candi. Apalagi, candi yang ditemukan di Indonesia memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda.

Baca juga : Inilah 4 Pulau Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Seperti, candi Hindu berfungsi sebagai bangunan untuk memuliakan orang yang telah meninggal. Sedangkan, candi Buddha berfungsi tempat untuk pemujaan. Berbagai candi yang terdapat di Indonesia, ada beberapa candi terluas dan terbesar.

Berikut beberapa candi terluas dan terbesar di Indonesia dilansir dari regional.kompas.com, Selasa (10/1/23).

1. Candi Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi adalah sebuah kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Kompleks Candi Muaro Jambi memiliki luas 3.981 hektar atau delapan kali lipat dari luas Candi Borobudur. Sedikitnya, ada 70 reruntuhan candi atau gundukan tanah yang oleh warga setempat disebut dengan Menapo.

Diperkiraan kompleks percandian ini dibangun antara abad ke-7 hingga ke-12. Di masa lalu, Candi Muaro Jambi adalah salah satu pusat pengembangan agama Hindu-Buddha pada masa kejayaan kerajaan Sriwijaya dan Melayu Kuno.

Lokasi Candi Muaro Jambi ada di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, yang membentang searah aliran sungai Batanghari. Pada tahun 2009 Kompleks Candi Muaro Jambi telah didaftarkan dan masuk ke daftar warisan dunia UNESCO.

2. Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan sebuah candi Buddha terbesar di Indonesia yang menyandang predikat sebagai kuil Buddha terbesar di dunia. Luas Candi Borobudur adalah sekitar 2500 meter persegi, dengan panjang 121,66 meter, lebar 121,38 meter, dan tinggi 35,40 meter.

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 di masa masa pemerintahan dinasti Syailendra. Pembangunannya memakan waktu 75 tahun dan selesai pada saat pemerintahan raja Samaratungga. Lokasi Candi Borobudur berada di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.

3. Candi Prambanan
Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Candi Prambanan merupakan kompleks candi atau kuil Hindu untuk pemujaan Dewa Trimurti, yaitu Siwa, Brahma, dan Wisnu.

Dengan luas mencapai 39,8 hektar, kompleks Candi Prambanan terdiri atas halaman luar dan tiga pelataran, yaitu Jaba (pelataran luar), Tengahan (pelataran tengah) dan Njeron (pelataran dalam). Meski belum dapat dipastikan, kuat dugaan bahwa Candi Prambanan dibangun sekitar pertengahan abad ke-9.

Berdasarkan Prasasti Syiwagrha yang berangka tahun 778 Saka (856 M) yang ditulis pada masa pemerintahan Rakai Pikatan, diduga Candi Prambanan dibangun oleh Raja Balitung Maha Sambu.

Lokasi Candi Prambanan terletak di Dusun Karangasem, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan juga telah mendapatkan status sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO sejak 1991.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment