Kiprah Babinkamtibmas di Solo. Aiptu Arohmanto Berhasil Memeidiasi Warga Agar Tidak Main Hakim Sendiri

IMG-20170316-WA0015

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta. Peran seorang Babinkamtibmas adalah sangat fatal dan menjadi ujung tombak keberhasilan tugas Polri. Babin adalah sosok Polri yang paling dekat dengan masyarakat binaanya. Maka semakin warga banyak menggunakanya dan meminta bantuan ke Babin, itu pertanda bahwa Polri (Seorang Babin) sudah dipercaya oleh masyarakat untuk membantu menyelesaikan masalahnya dan itu lebih baik. Dengan hadirnya Babin (Polri) di tengah warganya maka itu wujud hadirnya Negara di Masyarakat. Seperti halnya pada hari Kamis 16 Maret 2017 pukul 07.45 wib Babinkamtibmas Kel. Kadipiro Banjarsari Aiptu Arohmanto mendatangi laporan dari warga yang di ketuai oleh Bapak Ketua Rt.03/8 Sukardi tekait rencana warga yg akan mendatangi sebuah tempat usaha Ban milik bp.Heri Santoso yang limbahnya meresahkan warga lingkungan sekitar. Karena sebelumnya pengusaha yang diwakili oleh Ibu Heri Santoso sudah kordinasi dengan warga pada hari minggu 26 Pebruari 2017 pukul 20.00 Wib dirumah bpk.Saimin Skip Rt.3/8 dengan keputusan pihak warga minta kompensasi sebesar Rp.15 juta dengan syarat 3 bulan kedepan tempat usaha sudah harus ditutup. Namun pihak pengusaha bersedia untuk memberi kompensasi sebesar Rp.5 juta namun warga tetap menolak. Pertemuan berikutnya pada hari Senin tanggal 13 Maret 2017 pukul 10.00 Wib pihak pengusaha mau menaikkan kompensasi sebesar Rp.7.5 juta. Kemudian keputusan itu di bawa ke rembug warga pada hari Rabu 15 Maret 2017 pukul 20.00 Wib dan keputusan tetap menolak .
Satu hari kemudian pada hari ini Kamis tgl 16 Maret 2017 pukul 07.45 Sib warga sekitar puluhan orang sedang berkumpul dirumah Ketua Rt setempat dan akan mendatangi rumah tempat usaha ban Heri Santoso . Namun sebelum berangkat Sukardi ketua Rt menghubungi Babinkamtibmas Aiptu Rohmanto untuk datang membicarakan masalah ini. Selang waktu tak lama Aiptu Arohnanto datang di di rumah pak Rt. Setelah mendengarkan aspirasi warga maka Babin menyampaikn pesan Kamtibmas agar warga tidak main hakim sendiri dengan mendatangi rumah pengusaha karena akan menimbulkan komflik dan sebaiknya di selesaikan di kantor kelurahan dan melibatkan pihak Pemerintah Kelurahan dan akhirya warga sepakat.
Dari hasil pertemun di kantor Kelurahan di sepakati bahwa permintaan terakhir warga sepakat apabila usahanya sekarang tidak usah memberi kompensasi namun usaha harus tutup. Namun kalau bersedia memberi kompensasi sesuai permintaan warga dengan sarat yang sudah di tentukan , maka warga masih memberi kesempatan sampai 3 bulan kedepan.
Berkat kecepatan reaksi dan ketanggapan Babinkamtibmas konflik dapat di cegah.
Penulis : Sumarjo
Editor   : Umi Fadhilah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password