Berat Badan Meningkat Setelah Lebaran? Ini 8 Tips Diet Sehat untuk Pemula agar Kembali Langsing

21 April 2024 - 08:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Berat badan bertambah setelah Lebaran karena mengkonsumsi makanan yang kaya akan santan dan tinggi gula serta lemak menjadi pemicu utama kamu mengalami kenaikan berat badan setelah Lebaran. Belum lagi, perubahan pola makan yang drastis dan acara kumpul keluarga membuatmu sulit mempertahankan berat badan.

Tak perlu khawatir! Inilah beberapa tips diet sehat untuk pemula yang mudah diterapkan setelah Lebaran:

1. Puasa Syawal
Salah satu cara terbaik saat mencoba diet sehat untuk pemula setelah Lebaran, coba lakukan puasa Syawal. Selain mendapatkan pahala, puasa Syawal selama enam hari membantu tubuh beradaptasi dengan pola makan teratur.

2. Atur Pola Makan Sehat dan Seimbang
Mulai hari ini coba makan teratur. Hindari melewatkan waktu makan, atur 3 kali makan utama dan 2 sampai 3 camilan sehat.

3. Kurangi Makanan Berlemak dan Minyak
Pilih protein tanpa lemak seperti ikan dan ayam bakar atau rebus. Lemak jenuh dan lemak trans yang terdapat pada makanan berlemak serta berminyak dapat meningkatkan kolesterol jahat yang menyebabkan obesitas.

Baca Juga: Jangan Panik, Begini Lima Cara Atasi Sembelit Pasca Lebaran

4. Kurangi Gula dan Makanan Manis
Ganti dengan buah segar atau yogurt rendah lemak. Gula berlebihan dapat meningkatkan kalori dan menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes.

5. Perbanyak Minum Air Putih
Perbanyak minum air putih dalam menjalani diet sehat untuk pemula. Minimal 8 gelas per hari untuk membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme. Air putih membantu tubuh merasa kenyang dan membantu membakar kalori.

6. Konsumsi Makanan Kaya Serat
Sayur dan buah kaya serat, vitamin, serta mineral yang penting untuk tubuh. Serat membantumu merasa kenyang lebih lama dan melancarkan pencernaan. Ganti nasi putih dengan nasi merah, roti gandum, atau oatmeal sebagai sumber karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat sehingga membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan menjaga kadar gula darah stabil.

7. Rutin Olahraga
Minimal 30 menit per hari. Lakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki, berenang, atau bersepeda. Olahraga membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan membangun massa otot.

Jangan lupa temukan aktivitas yang menyenangkan agar lebih termotivasi untuk berolahraga. Menemukan aktivitas yang kamu sukai akan membuatmu lebih semangat untuk berolahraga secara rutin.

8. Tidur Cukup dan Kelola Stres
Tidur 7 sampai 8 jam per hari. Kurang tidur dapat mengganggu hormon yang mengatur nafsu makan. Tidur yang cukup membantu tubuh memproduksi hormon leptin yang menekan rasa lapar.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment