Mudik 2017 Polisi Waspadai Pangxit

Tribratanews.polri.go.id – Polda Metro Jaya, Kamis (16/03/2017)

 

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyurvei jalur mudik 2017. Korlantas memetakan lokasi rawan kemacetan untuk menyiapkan langkah antisipasi, salah satunya tol Pemalang (Pangxit).

”Awal Februari 2017 sudah survei, apa penyebabnya, lihat kondisi jalan, terutama Pantura kondisinya kayak gimana. Pintu exit-nya seperti apa, di mana lokasi macet, agar kami tahu hambatannya untuk nanti mengambil langkah untuk antisipasi,” ujar Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol. Royke Lumowa, kepada reporter humas barat di Universitas Trisakti, , Grogol, Jakarta Barat, Senin (13/3).

Dari hasil survey, jelas Royke, diketahui prediksi pergeseran lokasi kemacetan dari 2016. Tahun lalu lokasi kemacetan terjadi di exit Tol Brebes (Brexit), maka tahun ini diperkirakan penumpukan kendaraan terjadi di exit Tol Pemalang (Pangxit). ”Tahun lalu kan di Brebes, tahun ini diperkirakan akan memanjang ke Pemalang sampai ke Semarang. Pemalang exit atau Pangxit, Weleri, Pekalongan. Terus Prupuk jadi perhatian, meski sekarang dibangun tiga flyover,” jelas Royke.
Selain itu, tambah Royke, polisi juga akan memetakan jalur selatan Jawa. Polri menyiapkan seperti jalur mudik tahun sebelumnya. ”Nagreg, Wangon, Purwokerto. Kebumen-Purworejo, masih ada yang rusak. Meski sekarang sedang dalam perbaikan dan diharapkan sebelum arus mudik sudah selesai,” papar Royke.
Polisi, tambah Royke, juga akan mempersiapkan pengamanan dan personel yang akan diterjunkan selama arus mudik dan balik Lebaran. Persiapan akan dilakukan sebulan sebelum Lebaran. ”Kami siapkan, harus rampung sebulan sebelum Lebaran. Akan dilakukan beberapa pelatihan-pelatihan,” papar Royke

 

Penulis : Nur
Editor : Umi Fadilah
Publikasi : Niken

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password