Keberhasilan Bhabinkamtibmas Aiptu Samosir Mediasi Selesaikan Kasus Percobaan Pencurian di Wilayah Binaannya di Medan

tribratanews.polri.go.id – Polda Sumut, Bhabinkamtibmas Polrestabes Medan Aiptu A. Samosir melaksanakan problem solving atau penyelesaian perkara percobaan pencurian yang di lakukan pelaku MUKTI AZHARI als BOBOT. Korban sendiri bernama H.HASAN BASRI yang merupakan pemilik rumah makan Gumarang. Rumah makan tersebut beralamat di Jl.Brig.Katamso Kel.Aur Lingk 8 Kec Medan Maimun.
Sebelumnya kejadian percobaan pencurian tersebut terjadi pada hari Jumat tanggal 3 Maret 2017 pukul 04.00 WIB di rumah makan milik korban. Pelaku mencongkel pintu belakang rumah makan korban dengan menggunakan besi. Berdasarkan pengakuan pelaku, ianya bermaksud akan mengambil beras dari rumah makan tersebut. Tetapi korban saat itu mendengar suara berisik lalu melihat ke belakang dan pelaku terpergok oleh korban.
Spontan korban berteriak maling yang dengan cepat membuat pelaku langsung melarikan diri. Selanjutnya korban menghubungi Kepala lingkungan (kepling) setempat YAYAH.
Kemudian pada hari yang sama pukul 08.00 WIB, Kepling langsung melaporkan peristiwa tersebut kepada Bhabinkamtibas lingkungan tersebut Aiptu Samosir.
Bhabinkamtibmas bersama Kepling tersebut kemudian melakukan cek TKP dan mengamankan barang bukti.
Tetapi korban meminta kepada Bhabinkamtibas tersebut agar perkara tersebut tidak perlu diproses secara hukum sebab pelakunya adalah mantan pekerja atau karyawan korban. Korban meminta Bhabin tersebut mempertemukannya dengan pelaku. Dengan dasar belas kasihan, Korban hanya meminta agar pelaku mau menandatangani surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya kembali.
Mulailah bhabin tersebut bersama Kepling mencari tahu keberadaan pelaku.
Dan kemudian pada hari Sabtu tanggal 4 Pebruari 2017 sekitar pukul 20.25 Wib, kepling memberitahu kepada Bhabinkamtibas Aiptu Samosir tersebut bahwa pelaku sudah ditemukan di rumahnya.
Setelah itu Aiptu Samosir kemudian membawa pelaku dan menyepakati pada Minggu (5/3/2017) pada pukul 08.30 wib, pelaku dan korban berunding dengan difasilitasi oleh Bhabinkamtibas Aiptu Samosir di kantor Lurah Aur.

IMG-20170305-WA0003
Berkat pelaksanaan mediasi yang dilakukan oleh Bhabinkamtibas tersebut, kedua belah pihak sepakat berdamai dan pelaku menyanggupi tidak akan melakukan perbuatan kriminal tersebut lagi sesuai dengan permintaan Korban.
Pelaku juga menyesal atas perbuatannya, ianya mengaku perbuatan tersebut dilakukan untuk kebutuhan hidup.
“Segala permasalahan tidak harus diselesaikan dengan hukum. Terkadang dengan cara persuasif malah dapat menyadarkan pelaku tindak kejahatan akan kesalahannya.” ujar Aiptu Samosir.
Penulis : Rico
Editor : Kang Iqbal
Penerbit : Rico

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password