14 Kios di Pasar Cita Kota Bitung Terbakar

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Kebakaran terjadi di kompleks Pasar Cita, Kelurahan Bitung Timur Lingkungan II, Kecamatan Maesa, Kota Bitung, Jum’at (03/03/2017) sekira pukul 09.30 WITA. Akibatnya sekitar 14 kios di pasar tersebut ludes dilalap si jago merah, diantaranya 3 kios tambal ban dan bensin eceran, 5 konter HP, 2 salon, toko pakaian (distro), tempat jahit pakaian serta 2 toilet umum.

Saksi korban, Fahrid Umar (28) menerangkan, saat itu ia sedang menambal ban. Tiba-tiba botol bensin jatuh dan tumpah ke lantai. Tumpahan bensin ini tersambar api dari alat pembakar tambal ban lalu membakar tubuhnya. Fahridpun lari ke luar kios dan menceburkan diri ke selokan.

Eman Abdulah, yang berjualan di samping kios Fahrid menambahkan, api cepat membesar akibat tiupan angin cukup kencang hingga membakar kios lainnya. Hal senada juga dituturkan oleh dua saksi lainnya, yakni Agus Abdul (salah satu pemilik kios) dan Ade Albar (tukang ojek).

Para saksi bersama pemilik kios lainnya dan wargapun berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Kejadian ini selanjutnya dilaporkan kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan pihak kepolisian. Sementara korban dilarikan ke RSAL dr. Wahyu Slamet Kota Bitung untuk mendapatkan perawatan intensif akibat luka bakar hampir disekujur tubuhnya.

Tak lama kemudian, 5 unit mobil dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bitung dan 2 dari PT. Pelindo Bitung tiba di lokasi dan langsung melakukan penanganan. Polisi yang turun ke tempat kejadian segera mengamankan lokasi, mengumpulkan keterangan dan olah TKP. Api akhirnya dapat dipadamkan 1 jam kemudian.

Kapolres Bitung, AKBP Philemon Ginting melalui Kasubbag Humas, AKP Idris Musa membenarkan kejadian tersebut. “Diduga api berasal dari tumpahan bensin di lantai yang tersambar api dari alat pembakar tambal ban,” jelasnya. “Korban luka bakar satu orang, Fahrid Umar. Kerugian material sekitar Rp 700 juta,” pungkas Kasubbag Humas.

Penulis: Rony
Editor: Iqbal96
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password