Ops Simpatik Candi 2017 : Gandeng Patroli Keamanan Sekolah, Polres Klaten Akan Tindak Siswa Bermotor Yang Belum Cukup Umur

Tribratanews.polri.go.id – Klaten, Bukan hanya polsek dan sekolah, dalam upaya menekan maraknya penggunaan kendaraan bermotor di kalangan pelajar yang belum cukup umur, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Klaten juga akan menggandeng siswa.

 

Adapun siswa yang dimaksud adalah patroli keamanan siswa (PKS) yang terdiri dari siswa yang ditunjuk di masing-masing sekolah.

WhatsApp Image 2017-03-03 at 09.22.36

 

Kasat Lantas Polres Klaten, AKP Adhityawarman mengatakan keterlibatan siswa sebagai kader keselamatan berlalulintas ini dinilai efektif. Pasalnya edukasi yang diberikan dilakukan dari siswa ke siswa.

 

“Sehingga bentuknya saling mengingatkan di kalangan siswa sendiri, jadi terkesan tidak menggurui. Kami harapkan hal ini dapat menumbuhkan kesadaran di kalangan siswa sendiri,” katanya, Jumat (3/3/2017).

 

Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan intensitas sosialisasi, baik kepada orangtua, sekolah, maupun siswa.

 

Menurutnya dalam momentum operasi simpatik ini menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas.

 

“Selama operasi simpatik kami juga akan menyasar pelajar belum cukup umur yang nekat menggunakan  kendaraan bermotor. Petugas akan selalu mengingatkan agar tidak mengendarai sendiri sampai memiliki SIM,” ujarnya.

 

Lebih lanjut Adhit mengatakan usai operasi simpatik, pihaknya akan mengambil tindakan tegas terhadap pelanggaran tersebut.

 

Ia mengancam akan menyita kendaraan bermotor yang digunakan siswa belum cukup umur.

 

“Sehingga bisa jera. Setelah kita tilang kendaraannya, nanti orangtua yang mengambil. Di situ kami masukan edukasi agar tidak dengan mudah memberikan izin kepada anaknya yang masih belum cukup umur untuk mengendarai kendaraan bermotor sendiri,” kata dia.

 

(Erq/Humas Res Klaten)

Edt : Kang Iqbal

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password