Penutupan Jalan saat Rombongan Raja Arab Melintas di Jakarta

Tribratanews.polri.go.id – Polda Metro Jaya Rabu (01/03/2017) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan melakukan penutupan jalan saat kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Azis Al-Saud di Jakarta dan Bogor.

Hal ini dilakukan untuk memperlancar kunjungan kenegaraan Raja Salman dan rombongan.

Rute yang akan dilintasi Raja Salman dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Istana Negara Bogor yaitu Halim Perdanakusuma, jalur tol Jagorawi sampai Bogor Kota dan kembali melalui Jalan MT. Haryono untuk ke Jakarta.

Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan, saat Raja Salman tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma pihaknya akan melakukan penutupan jalan, sehingga jalur yang akan dilewati Raja Salman akan lancar dan aman.

“Untuk pengaturan di wilayah Jakarta, sesuai protap tamu negara setingkat Kepala Negara prioritas dan steril. Pada saat melewati simpang arus yang berlawanan dan menimbulkan crossing akan kita tutup. Jalan yang akan dilewati kita pastikan aman tidak ada hambatan, rintangan yang dapat mengganggu perjalanan,”ujar Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya

Karena nantinya Raja Salman akan menginap di Hotel daerah Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Maka saat rombongan melintas Gedung DPR atau Masjid Istiqlal maka arus lalu lintas yang akan terganggu.

Seperti Jalan Gatot Soebroto, Kuningan, Semanggi, Sudirman, Thamrin, Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Medan Merdeka Timur, Lapangan Banteng, Juanda, dan Pasar Baru.

“Disamping itu akan dilakukan beberapa pengalihan arus lalin yang bersifat sementara atau dengan cara sistem buka-tutup disekitar jalan-jalan protokol tersebut,” kata Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya.

Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, Budiyanto pun memastikan perjalanan Raja Salman ke beberapa tempat di Ibu Kota akan berlangsung aman.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo
Yuwono juga mengatakan, untuk pengamanan di Jakarta polisi akan berada di ring empat pengamanan untuk menjaga rute dan jalur yang akan dilewati oleh Raja Salman.

“Nanti kepolisian ada di ring empat, artinya bahwa polisi di luar lokasi sama di jalur. Ini nanti masih dikoordinasikan kembali rute-rute yang akan dilalui mulai dari Halim, rencana akan ke Istana Bogor dan kembali ke Jakarta,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo.

Rombongan Raja Salman berjumlah 1.500 orang. Namun, tidak seluruh rombongan dibawa serta ke Istana Bogor. Hanya 10 menteri, 25 pangeran, serta 50 perangkat delegasi yang diperbolehkan mengikuti rangkaian kunjungan kenegaraan itu.

Penulis : Fitri

Editor   : Iqbal96

Publish : Cindy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password