Sat Reskrim Polres Brebes Ungkap Kasus Curat Nasabah Bank

Tribratanews.polri.go.id Brebes – Sat Reskrim Polres Brebes berhasil meringkus satu dari dua pelaku perampokan terhadap nasabah sebuah bank di Kabupaten Brebes. Hal ini diutarakan Oleh Waka Polres Brebes Kompol Mashudi saat Pers release Senin kemarin(27/2).

Dalam aksinya itu, pelaku yang berjumlah dua orang tersebut berhasil membawa kabur uang Rp 94 juta. Tersangka adalah HP (31), warga Palembang, Sumatera Selatan. Sementara itu, satu pelaku lainnya hingga kini masih dalam pengejaran polisi. ”Pelaku ini kami tangkap di Kota Semarang, setelah dilakukan pengejaran ke Yogyakarta,” kata Mashudi

Kejadian bermula saat kedua pelaku melakukan aksinya pada pada 9 Desember 2016 lalu. Pelaku berhasil membobol mobil korban yang tengah diparkir di halaman Masjid Agung Brebes untuk melaksanakan shalat jumat.

Korban yang merupakan Kades Pejagan, Kecamatan Tanjung, Brebes M Iqbal itu, baru pulang dari bank untuk mencairkan dana desa senilai Rp 94 juta. Korban yang ditemani Sekdes dan perangkat desa lain kemudian singgah ke Masjid Agung Brebes untuk menunaikan shalat jumat dan saat mobil ditinggal tersangka melakukan aksinya dengan memecah kaca mobil. ”Saat ini kami masih memburu satu pelaku lagi, mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat diringkus,” Imbuh Mashudi.

Menurut Wakapolres, pelaku ditangkap setelah Tim Satreskrim Polres Brebes yang berjumlah lima orang mengejar hingga ke Yogyakarta. Namun, saat di Kota Gudeg diperoleh informasi pelaku berada di sebuah hotel dekat Stasiun Poncol, Kota Semarang.

”Dari pemeriksaan sementara, tersangka ini diketahui seorang residivis dan masuk dalam anggota jaringan Palembang. Tersangka pernah mencuri dengan modus pecah kaca di sejumlah daerah yang berbeda,” jelas Mashudi.

Atas perbuatannya itu, sambung dia, tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman kurungan penjara selama lima tahun. ”Pelaku ini diancam dengan hukuman penjara lima tahun,” jelasnya.

Sementara itu, tersangka di depan polisi mengaku, aksinya itu selalu berdua dengan mengendarai sepeda motor. Dirinya bertugas mengendarai sepeda motor, sedangkan temannya yang mengeksekusi. Sebelum beraksi, dia dan temannya membuntuti calon korban saat keluar dari bank. ”Sebelum membuntuti, saya amati nasabah yang datang ke bank. Kalau bawa tas dan dikawal orang saya buntuti, karena pasti habis ambil uang banyak. Setelah lengah baru saya pecahkan kaca pakai kunci inggris,” akunya.

Dalam kegiatan pers release ini juga diungkapkan keberhasilan Polres Brebes melakukan Operasi Pekat dengan menyita ribuan botol miras berbagai jenis dan ratusan liter ciu.(Hms Res Bbs)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password