Sebuah Rumah untuk Mbah Rikem

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Anggota Polsek Dongko Polres Trenggalek kembali “berulah”. Puluhan Polisi bersama masyarakat Desa Sumberbening merobohkan rumah Mbah Rikem yang sudah lapuk dan tak layak huni untuk diganti dengan bangunan baru yang lebih bagus.

“Awalnya, rumah Mbah Rikem akan kami bongkar satu persatu, tapi ternyata kayu-kayunya sudah rapuh semua. Jadi dengan terpaksa dirobohkan saja”, ujar Kapolsek Dongko Polres Trenggalek, AKP Tri Basuki, sang inisiator bedah rumah Mbah Rikem.

Kondisi Mbah Rikem sendiri sangat memprihatinkan. Mbah Rikem adalah seorang janda tak mampu yang hidup sebatang kara. Sehari-hari ia hanya mengumpulkan kayu dan ranting kering di hutan tak jauh dari rumahnya untuk kemudian ia jual. Untuk makan saja tak cukup dan mengandalkan uluran tangan tetangga kanan kirinya. Sementara, rumah tempat ia tinggal jauh dari kata layak. Rumah berukuran 3 x 6 meter tersebut berdinding anyaman bambu yang sudah berlubang di sana-sini. Atapnya dari genteng dan terlihat sudah melengkung akibat kayu penyangga yang sudah lapuk dimakan usia.

Berangkat dari rasa keprihatinan itulah, Polsek Dongko Polres Trenggalek bersama masyarakat berinisiatif membangun kembali rumah Mbah Rikem agar lebih aman dan nyaman ditempati. Biaya pun gandeng renteng hasil iuran anggota Polsek Dongko Polres Trenggalek, donatur dan masyarakat setempat.

Tak dinyana, inisiatif tersebut mendapatkan apresiasi dari Ketua Cabang Bhayangkari Trenggalek, Ny. Selvi Donny Adityawarman. Ibu Ketua Bhayangkari bersama jajaran pengurus bahkan meluangkan waktunya secara khusus untuk meninjau proses bedah rumah oleh Polsek Dongko Polres Trenggalek tersebut.

Ny. Selvi Donny Adityawarman bersama pengurus Bhayangkari Cabang Trenggalek dan Ranting Dongko saat memberikan bantuan kepada Mbah Rikem
Ny. Selvi Donny Adityawarman bersama pengurus Bhayangkari Cabang Trenggalek dan Ranting Dongko saat memberikan bantuan kepada Mbah Rikem

“Ini sebagai bentuk kepedulian Bhayangkari kepada Mbah Rikem juga anggota Polsek Dongko”, jelas istri orang nomor satu di Polres Trenggalek itu.

Beberapa bantuan berupa sembako dan peralatan rumah tangga yang telah disiapkan sebelumnya diserahkan langsung kepada Mbah Rikem.

“Mohon diterima ya mbah”, ujar Ny. Selvi.

Atas kepedulian dan perhatian ibu-ibu Bhayangkari membuat Mbah Rikem tak kuasa menahan air matanya. Dengan terbata-bata Mbah Rikem mengucapkan terima kasih sambil terus memegangi tangan Ny. Selvi. Tak terasa, suasana haru pun menyelimuti ibu-ibu dan warga yang menyaksikan peristiwa tersebut.

Atas kepedulian dan perhatian ibu-ibu Bhayangkari membuat Mbah Rikem tak kuasa menahan air matanya
Atas kepedulian dan perhatian ibu-ibu Bhayangkari membuat Mbah Rikem tak kuasa menahan air matanya

Peduli tanpa aksi ibarat berjalan di atas air. Sesuatu yang tak mungkin terwujud. Polsek Dongko Polres Trenggalek dan Bhayangkari Cabang Trenggalek tak hanya berkata-kata, namun mewujudkan kepeduliannya kepada masyarakat melalui tindakan nyata yang membawa manfaat bagi masyarakat sekitar.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password