Penerimaan Polri 2017 di Gorontalo Harus “Betah, Bersih, Transparan, Akuntabel Dan Humanis”

Tribratanews.Polri.go.id – Polda Gorontalo, Dalam rangka penerimaan Polri yang akan dilaksanakan pada tahun ini tepatnya bulan Maret dan April, Kapolda Gorontalo yang dalam hal ini diwakilkan oleh Karo SDM Polda Gorontalo Kombes Pol. Nanang Chadarusaman, SIK, MH dan Kabag Dalpers Akbp Dedi Dewantor hadiri dialog interaktif di ruang Studio 1 RRI, Senin 27 Februari 2017 pukul 09.00 Wita.

Akbp Dedi Dewanto menjelaskan bahwa penerimaan kali ini merupakan penerimaan terpadu menjadi Bintara, Akpol dan Tamtama, masing masing calon memilih satu di antara 3 pilihan tersebut.

“Dalam penerimaan terpadu ini, ada beberapa tahapan yang harus diikuti oleh calon Polri. Dalam hal ini melakukan pendaftaran, pemeriksaan administrasi psikologi, kesehatan, jasmani, dan lain sebagainya”, Kata Dedi.

Untuk yang memiliki keahlian khusus seperti olahraga dan lain sebagainya, itu akan menjadi bahan pertimbangan, AKBP Dedi juga menjelaskan bahwa untuk menghindari KKN, Polri sudah menggunakan sistem, dimana dari setelah tes hasilnya langsung di umumkan.

Memang isu KKN dari tahun ke tahun memang masih ada, jadi disarankan kepada masyarakat agar berhati hati kepada oknum anggota yang menjanjikan kelulusan.

“Mari kita sama-sama menjaga untuk penerimaan Polri terpadu ini agar lebih transparan, serta bagi para peserta yang nantinya akan mendaftar, agar mempersiapkan diri sebaik mungkin”, Pesan Akbp Dedi.

Karo SDM Kombes Pol. Nanang Chadarusaman, SIK, MH pada kesempatan tersebut juga menjelaskan bahwa dalam penerimaan ini berkaitan dengan bagaimana menciptakan SDM Polri yang betul-betul baik dan bisa di berikan tanggung jawab, guna menjadi tulang punggung Polri kedepan.

Adapun MOTO dari penerimaan ini “Betah, Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis”, semua proses penerimaan ini tidak ada kata-kata panitia berhubungan dengan peserta. Tegas Kombes Nanang.

“Tahun ini Polda Gorontalo mendapat kuota sebanyak 115 personil. Untuk Polki 110 personil dan Polwan 5 personil. Untuk itu, bagi masyarakat yang ingin anaknya atau keluarganya ingin jadi anggota Polri, agar mempersiapkan diri adri sekarang” Ungkapnya.

Karo SDM menjelaskan bahwa Polri sudah berupaya untuk menghilangkan KKN, ujian sudah menggunakan sistem Polri yang transparan, contohnya saja yang membuat soal ujian akademik kerjasama dengan diknas, dan yang tau isi soal itu dari diknas, nantinya soal itu akan di simpan dari pengawas internal.

Disela-sela dialog, Karo SDM menanggapi pertanyaan masyarakat dimana penerimaan Polri masih menggunakan uang. Dimana Karo SDM mengharapkan untuk cek secara langsung hasil dari tes dari para peserta.

“Apabila mendengar ada yang memberikan uang atau apapun, silahkan dilaporkan anggota tersebut, kemudian akan diproses secara hukum yang berlaku”, Tegasnya.

Penulis         : Irham

Editor           : Iqbal96

Publish         : Fandi

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password