Hidup Lebih Bermakna jika Saling Peduli

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Kehadiran Polisi haruslah membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat. Kalimat itulah yang seringkali didengungkan oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, SIK, M.Si kepada seluruh anggotanya. Manfaat akan muncul jika ada kepedulian. Dan kata peduli tiada makna jika tanpa aksi nyata. Kalimat inilah yang membekas dihati dan pikiran Bripka Adi Cahyono, Bhabinkamtibmas Desa Karanganyar yang juga anggota Polsek Gandusari Polres Trenggalek ini.

Saat melintas di desa binaannya ia melihat seorang kakek berkaos putih dan bertopi lusuh yang tengah kesulitan menaikkan ramban (tanaman pakan ternak, red) ke atas sepeda bututnya. Bripka Adi pun menghentikan laju sepeda motornya dan memarkir tak jauh dari sang kakek itu.

“Pas lewat ketemu sama mbah ini, kayaknya kesulitan mau mengikat ramban di sepedanya”, ujar Polisi yang pernah berdinas sebagai anggota Satsabhara Polres Trenggalek ini.

Dengan penuh keramahan, ia menyapa dan membantu sang kakek menaikkan dan mengikat ramban tersebut di atas sepedanya. Meskipun sudah terlihat keriput di wajahnya, tapi semangat mencari nafkah dan keuletannya cukup membuat siapa saja yang melihat berdecak kagum. Dibantu Bripka Adi, sang kakek yang terlihat cukup lelah ini sangat cekatan mengikat ramban menggunakan tali berbahan karet ban bekas.

Kagem pakan mendo mas (untuk pakan ternak kambing mas)”, saat ditanya tentang hewan peliharaannya.

Setelah benar-benar terikat dan dirasa aman tidak akan jatuh, sang kakek pun menyalami Bripka Adi sembari mengucapkan terima kasih.

Rasa kepedulian yang ditunjukkan oleh Bripka Adi merupakan wujud nyata bahwa Polri sebagai representasi kehadiran negara benar-benar hadir ditengah masyarakat. Peduli bisa dilakukan dalam bentuk yang terkecil, namun membawa manfaat yang besar bagi masyarakat.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password