Cara Melatih Kedisiplinan Bagi Anak

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Hari Minggu (19/02) kemarin benar-benar dimanfaatkan oleh Aipda Edy Sarwoko untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Sebagai Bhabinkamtibmas Desa Bogoran yang masuk wilayah hukum Polsek Kampak Polres Trenggalek ini, ia merasa memiliki tanggung jawab terhadap generasi muda di desa binaannya. Oleh sebab itulah, hari libur ia gunakan melatih dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) siswa SDN 1 Bogoran.

Pagi itu sedikitnya tiga peleton berjumlah masing-masing 30 orang mengikuti latihan PBB ini. Didampingi seorang guru, Ibu Nyomani, S.Pd, Aipda Edy memberikan penjelasan sekaligus memberi contoh baris berbaris.

“Diberikan dasar-dasarnya dulu gerakan di tempat seperti hadap kanan, hadap kiri, balik kanan dan sebagainya, baru setelahnya gerakan berpindah tempat. Kalau sudah mahir menginjak gerakan variasi”, jelas Polisi yang juga pernah berdinas di Polsek Watulimo Polres Trenggalek ini.

Aipda Edy menuturkan, gerakan PBB dapat melatih disiplin, kerjasama tim dan menumbuhkan rasa cinta tanah air.

“Dengan PBB, karakter kebangsaan dapat dibangun, dengan PBB pula jiwa kedisiplinan dapat terbentuk”, ujarnya.

Latihan PBB tak berlangsung lama. Waktu dua jam yang disediakan sudah cukup menguras tenaga. Maklum saja, yang dilatih adalah anak sekolah dasar.

“Yang penting mereka memahami dan mengerti gerakan-gerakan yang diajarkan. Minggu depan dilanjutkan dengan materi berikutnya”, pungkas salah satu Bintara Senior Polres Trenggalek yang hobi berolahraga ini.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password