Kakorlantas Polri Mengajak Polantas di Sulawesi Utara Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Usai peletakan batu pertama pembangunan pos polisi dan peresmian gedung Satpas Manado, Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M., menyambangi Mapolda Sulut untuk memberikan arahan kepada seluruh Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang bertugas di Polda Sulut dan jajaran, Kamis (16/02/2017) sore.

Dalam arahan yang berlangsung di ruang Tribrata Mapolda Sulut sore itu, Kakorlantas menekankan bahwa tugas polisi itu memberikan pelayanan kepada masyarakat bukan untuk dilayani. Begitu juga dengan Polantas, ditugaskan oleh negara untuk menjaga kamseltibcar lantas. Karena menurutnya, tiga permasalahan utama di bidang lalu lintas itu adalah kemacetan, kecelakaan dan pelanggaran.

Polantas, lanjutnya, tidak bisa sendirian mengurus lalu lintas di jalan, harus melibatkan stake holders lainnya, seperti Pemerintah Daerah dan Dinas Perhubungan. “Percuma banyak Polantas di jalan kalau tidak diimbangi dengan perbaikan infrastruktur, seperti jalanan yang baik, penerangan jalan dan kelengkapan rambu lalu lintas,” jelas Kakorlantas.

Oleh karena itu Kakorlantas berharap, jajaran lalu lintas dapat menjalin kerja sama dengan seluruh stake holders terkait bidang tugasnya. Ada satu filosofi yang ditanamkan Kakorlantas kepada seluruh Polantas, yaitu apabila ingin membangun bangsa atau suatu daerah, maka mulailah dari jalan raya. Menurutnya di jalan ada pemakai jalan (manusia) serta sarana dan prasarana jalan.

Representasinya menurut Kakorlantas, pemerintah yang membuat jalan harus bekerja dengan baik, tidak korupsi, melengkapinya dengan kelengkapan rambu dan penerangan. Begitu halnya dengan kendaraan, harus layak jalan. Sedangkan polisi sebagai representasi dari penegak hukum harus betul-betul mengayomi, melayani dan melindungi masyarakat, juga harus mau tertib dan taat aturan. “Hal-hal tersebut jika berjalan dengan baik, pasti daerah bisa maju,” pungkasnya.

Dalam acara tatap muka tersebut, Kakorlantas Polri juga memberikan apresiasi kepada personil jajaran Dit Lantas Polda Sulut yang berprestasi, yaitu 3 orang yang mewakili Perwira, Bintara dan PNS Polri. Masing-masing yakni, AKP Bulasa (Satlantas Polresta Manado), Aiptu Dewi Sineri dan PNS Masholig (Direktorat Lalulintas Polda Sulut).

Penulis : Rony
Editor : Iqbal96
Publish : Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password