Kapolda Sulsel : Salah Satu Faktor Berkembangnya Kejahatan Adalah Pengaruh Tontonan

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia sedang dilanda masalah Bhineka Tunggal Ika dan kedepan kita harus sosialisasikan bahwa kita semua sama, tidak ada perbedaan suku, adat, ras san agama.

Hal itu disampaikan Kapolda Sulsel saat membuka diskusi “Menjaga Bhinneka Tunggal Ika dalam Bingkai NKRI,” di Lobi Mapolda Sulsel, Senin (13/217).

Selain itu Kapolda Sulsel juga menyinggung masalah kejahatan-kejahatan yang dilakukan remaja di Sulsel mengalami perkembangan dengan adanya teknologi yang memberikan sumbangsih terbesar dalam peningkatan modus operandi kejahatan.

“Kejahatan banyak berkembang dengan adanya teknologi, disamping itu tontonan-tontonan televisi yang banyak menampilkan aksi-aksi kejahatan membuat para pelaku kejahatan bisa lebih berimprovisasi melakukan kejahatan,” ucap Muktiono.

Faktor ekonomi yang dikatakan sering menjadi faktor utama kenakalan remaja, kata Muktiono bukan satu-satunya sebab karena yang lebih mempengaruhi terjadinya kenakalan remaja adalah tren llingkungan dan gaya hidup seseorang.

Yang lebih parahnya lagi, kata Muktiono adalah anak remaja yang menganggap bahwa teler dengan narkoba itu adalah sesuatu yang hebat, maka itu para pelajar yang masih dalam kondisi labil berlomba-lomba untuk tampil hebat dengan narkoba.

“Berangkat dari itulah para pelaku yang kehabisan dana untuk membeli narkoba mengambil cara cepat dengan melakukan kejahatan jalanan, baik itu dengan cara mencuri, penjambret hingga melakukan pencurian dengan kekerasan yang dikenal di masyarakat dengan Begal,” pungkasnya.

 

Selain faktor lingkungan dan gaya hidup, kita juga mesti melihat kehidupan pribadi pelaku kejahatan apakah memang dia dari keluarga broken home, kalau memang benar, kata Muktiono maka si anak juga akan mudah melakukan kejahatan.

Diakhir sambutannya Kapolda berharap sumbangsih pikiran dari para pakar untuk memberi masukan dalam menghadapi fenomena kejahatan khususnya masalah Bhineka Tunggal Ika dan kejahatan utama di Sulsel, “Utamanya masalah begal, narkoba dan balap liar,” ucapnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password