Cari Kerja, Permintaan SKCK di Polres Kediri Kota Membeludak

Tribratanews.polri.go.id – Polres Kediri Kota,  – Ada hal yang tidak biasa terjadi di ruang Identifikasi dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) Mapolres Kediri Kota kemarin (9/2). Pasalnya, ratusan orang menggeruduk dua kantor yang bersebelahan tersebut untuk mengurus surat tersebut sebagai syarat melamar pekerjaan. Hal ini memang tidak biasa. Sebab, jika hari biasa, dua kantor ini hanya didatangi para pencari surat SKCK tak lebih dari 20 orang saja per hari.

“Biasanya rata-rata ya 10 orang, maksimal 20-an saja per hari. Kali ini melonjak signifikan,” terang Kanit Identifikasi Satreskrim Polres Kediri Kota Aiptu Sujito.

Kemarin, hingga pukul 14.00, terhitung warga yang mengurus SKCK mencapai 192 orang. Mereka diketahui hendak melamar pekerjaan di pabrik rokok terbesar di Kediri.

Dari banyaknya peserta yang mengajukan surat SKCK tersebut, terlihat ratusan peserta yang sebagian besar perempuan itu terlihat antre di depan loket sejak dibuka pukul 08.00.

Sujito menambahkan tak menyangka lonjakan pengajuan SKCK sebanyak itu. Diprediksi jumlah ini terus meningkat menjelang penutupan pendaftaran lowongan pekerjaan tersebut. “Dari tadi pagi terus kami melayani sidik jari para peserta. Sampai mau tutup pun masih terus ada yang berdatangan,” ujar Sujito.

Untuk menyiasati pelayanan agar tidak berhenti di tengah jalan, Sujito mulai kemarin menyiapkan 500 lembar blangko sidik jari untuk peserta yang mengajukan SKCK.

Diprediksi keramaian peserta mengajukan surat SKCK ini akan berlangsung hingga Rabu depan (15/2) saat masa pendaftaran lowongan kerja di pabrik rokok tersebut berakhir. “Sekarang kami lembur untuk melayani ratusan peserta peh harinya,” ungkapnya.

Sujito juga menerangkan lonjakan permintaan pengajuan SKCK yang meningkat hingga ratusan peserta ini biasanya terjadi menjelang tes penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Karena itu, anggotanya sudah siap, karena pihaknya sudah pernah menangani peserta ratusaan saat tes CPNS tersebut. “Setelah ini juga akan meningkat sat hendak ada penerimaan calon taruna Polisi maupun TNI,” tambah Sujito -DIDIK (Res Kdr Kota)
“Bersama Menjaga Kamtibmas-KEDIRI MENANG”

#panjalujayati #RakyatbersamaPOLRI

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password