Inilah Cara Berikan Bantuan Kekeluargaan kepada Keluarga Korban Kecelakaan dengan Adat Biak Papua

Tribratanews.polri.go.id Papua, Polres Biak Numfor – Keragaman adat dan budaya yang dimiliki Republik ini adalah salah satu kekayaan dan warisan dari leluhur serta menjadi kebanggaan masyarakat yang tetap eksis dalam pelestariannya.
Salah satunya yang masih lestari seperti adat di Biak Papua, pemberian bantuan kekeluargaan terhadap korban kecelakaan dari pihak pelaku dengan melalui musyawarah adat biak yang di pasilitasi oleh Sat. Binmas Polres Biak Numfor yang dilaksanakan di gedung R. Soedjoko Polres Biak Numfor. Selasa (7/2/2017)

Dalam Musyawarah adat yang dihadiri oleh para keluarga kedua belah pihak tersebut terjalin pemufakatan yaitu pihak pelaku memohon maaf atas kejadian tersebut dan dari pihak keluarga korban menerima permintaan maaf tersebut, selajutnya pihak pelaku memberi bantuan kekeluargaan berupa uang tunai Rp 21.000.000, piring besar : 91 buah, piring kuah : 12 buah dan piring makan : 220 buah.

Aiptu Jufri Rambu anggota Sat. Binmas yang memediasi bantuan secara adat tersebut menjelaskan kepada kedua pihak bahwa apa yang telah disepakati hari ini bukan sebagai penyelesaian kasus, namun merupakan bagian dari proses adat yang ada di Biak.
“Proses Hukum yang sedang ditangani oleh Sat. Lantas tetap berjalan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Jelas Aiptu Jufri sebelum menutup pertemuan tersebut.

Penulis : Ruslan
Editor : Kang Iqbal
Publish : Ruslan

Admin Polri56290 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password