Operasi Jaran 2017 di Lombok Tengah : Terima Uang Tebusan Kendaraan yang Hilang, Dua Orang Dipidanakan

Tribratanewspolresloteng.com – Loteng. sering kecurian motor, lalu tiba-tiba ada yang menelpon terima tebusan? Cerdiklah bagi masyarakat untuk segera melapor kepada pihak yang berwajib. Hal ini bisa dipidanakan sesuai dengan pasal 480 KUHP tentang Pertolongan Jahat/Penadahan yang tentu akan mendapat ganjaran hukuman sesuai dengan peraturan yang berlaku. Seperti yang dilakukan oleh dua tangkapan Kepolisian Resor Lombok Tengah (Polres Loteng) Jum’at (03/02) bernama  MU (45) dan SA (43).

Kejadian bermula pada akhir Januari lalu, setelah korban melaporkan kejadian motornya yang hilang kepada pihak Kepolisian Sektor Kuta (Polsek Kuta). Tiba-tiba korban mendapatkan telepon dari nomor yang tidak dikenal untuk segera menebusnya dengan memberikan uang tunai sebesar Rp. 2.000.000. Tidak mau kehilangan kesempatan dengan lugunya korban menyerahkan uang kepada orang yang menjadi perantara. Kemudian kedua pelaku mengembalikan sepeda motor tersebut setelah menerima uang tebusan.

Penelusuran jejak jejak tebusan dilakukan pihak kepolisian saat setelah korban merasa dirugikan dengan adanya tebusan motor hilang. Hingga akhirnya dua dari 3 pelaku berhasil diringkus aparat tidak lebih dari seminggu setelah korban melakukan laporan.

Dari keterangan kedua pelaku yang tertangkap, petugas kepolisian mendapatkan informasi mengenai siapa yang menjadi perantara uang tebusan. Diketahui bernama NU yang saat ini hendak mencoba kabur ke pulau Sumbawa. Dengan cepat Polres Lombok Tengah langsung berkoordinasi dengan petugas KP3 Kayangan untuk mengecek kebenaran. Namun sampai saat ini, belum ada kepastian mengenai lokasi keberadaan NU.

AKP Arjuna menyesalkan masyarakat yang mau diperalat oleh pelaku tindak pidana / kriminal.

“sebenarnya kasus serupa masih banyak, saya mengherankan kenapa masyarakat hanya diam saja tidak bergerak, dengan melapor kita berarti melakukan dua hal yaitu menegakkan kebenaran dan mencegah hal yang sama terjadi di masyarakat lainnya.”

Harapannya dengan tertangkapnya dua orang ini akan membuat masyarakat tanpa segan dan pikir panjang lagi untuk memberikan informasi atau bahkan melaporkan kejadian pribadi yang dialami mengenai hal tebus menebus kendaraan hasil curian.(Zie)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password