Wakapolda Sumut Dampingi Kunjungan Mendagri ke Kepulauan Nias

Tribratanews.polri.go.id – Kepulauan Nias. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., tiba di Bandara Binaka Gunungsitoli, Kepulauan Nias, pukul 10.00 WIB, Senin (9/12/2019). Mantan Kapolri ini didampingi oleh Wakapolda Sumut, Brigjen. Pol. Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum., dan Irjen. Pol. Drs. Martuani Sormin Siregar, M.Si., yang akan menjabat sebagai Kapolda Sumut menggantikan Irjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H.

Setelah tiba di Halaman Parkir bandara, Mendagri mendapat kalungan bunga oleh dua orang anak berpakaian baju adat diapit oleh Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli. Seluruh kepala daerah se-Kepulauan Nias dan unsur Forkompimnda juga hadir menyambut Mendagri.

Mantan Kapolri itu pun langsung menuju ruang VIP bandara diikuti Wali Kota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua; Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli; Bupati Nias Barat, Faduhusi Daeli; Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha dan Bupati Nias Utara, Ingati Nazara.

Dalam kunjungannya tersebut, Purniwaran Polri itu ingin membangkitkan semangat optimisme kepada masyarakat Nias dalam mengembangkan potensi wilayahnya untuk menunjang pembangunan. Mendagri juga mencontohkan beberapa negara di dunia yang berhasil mencapai kesejahteraan bagi masyarakatnya di tengah keterbatasan sumber daya

“Memang ada suara pesimistis tadi, ‘Kami daerah tertinggal’. Saya sedih dengarnya, jujur, karena pengalaman saya mohon maaf, saya sekolah di beberapa negara, itu yang ter-ter- lebih banyak lagi, tapi bisa mengubah negaranya menjadi sangat maju, contohnya Hongkong, Singapura, Uni Emirat Arab (UAE), dan masih banyak lagi,” jelas Mendagri.

Ditambahkannya, Nias juga dapat berkaca pada Maldives atau Maladewa yang terletak di sebelah Selatan-Barat Daya India, sekitar 700 KM sebelah barat daya Sri Lanka. Di tengah keterbatasan sumber daya, Maldives mampu menarik investor untuk berinvestasi di sana.

“Contoh lainnya Maldives, pulaunya tidak sebanyak Nias, tidak ada bukit apapun, tapi mampu memanggil dan mengundang investor semua datang. Berbagai macam resort dan kemudian lapangan kerja menjadi terbuka. Nah ini, sebetulnya tidak perlu anti dengan investor asing, mau dari Cina, Amerika atau negara manapun ambil saja, sepanjang dia bisa membuka lapangan kerja, bisa menguntungkan kita, dan tidak mengambil kedaulatan negara kita. Ambil saja, contoh lainnya di Uni Emirat Arab. Mereka bisa mengembangkan gurun menjadi lautan hijau, infrastruktur dan gedung-gedung tinggi, kuncinya juga ada di investasi,” pungkas Mantan Kapolri itu.

Dengan perbandingan tersebut, Mendagri berharap Nias kian berkembang dengan memanfaatkan SDM maupuan SDA yang kian melimpah. SDM yang kompak menjadi salah satu kunci yang tak dapat dipisahkan untuk membangun Nias. Selain unsur SDM, keamanan menjadi aspek penting yang perlu dijaga agar pembangunan di Nias menjadi efektif dan tepat sasaran untuk mensejahterakan masyarakatnya.

(my/bq/hy)

Admin Polri56608 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password