Jelang HUT OPM dan PON 2020, Pasukan Brimob Tetap Disiagakan Pastikan Situasi Aman dan Kondusif

Tribratanews.polri.go.id-Depok. Wakil Kepala Korps Brimob Polri Brigjen. Pol. Drs. Abdul Rakhman Baso, S.H. mengatakan, pasukan Brimob disiagakan bukan hanya untuk persiapan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019. Namun juga untuk agenda nasional PON 2020 yang diselenggarakan di Papua, Kamis (14/11/19).

Selain itu, kehadiran pasukan gabungan itu merupakan salah satu strategi untuk menciptakan situasi di Papua agar tetap aman, tertib dan kondusif. Brimob bertugas menjaga di sejumlah wilayah Polsek dan Polres yang dianggap rawan.

“Apalagi di sana menjelang PON 2020. Brimob bertugas cipta kondisi situasi menjelang PON Papua,” jelas Jenderal Bintang Satu itu.

Brigjen Pol Abdul Rakhman Baso mengaku belum ada penambahan pasukan jelang peringatan deklarasi berdirinya negara West Papua, pada 1 Desember 2019.

“Sampai sekarang ada 7.000 (anggota Brimob) di sana. Perintah penambahan belum ada, tapi perintah siaga sudah ada untuk antisipasi 1 Desember,” ungkap Brigjen Pol. Abdul Rakhman, di Mako Brimob Polri, Depok, Kamis (14/11/19).

Ribuan anggota itu siaga lantaran konflik sosial berimbas demonstrasi di Papua dan Papua Barat, Satgas Operasi Nemangkawi, pengamanan objek vital wilayah setempat, perbantuan penjagaan Polres dan Polsek rawan gangguan terutama di Puncak Jaya.
Rakhman menyatakan belum diketahui waktu penarikan pasukan dari Bumi Cenderawasih.

“(Penarikan) sampai ada perintah dari Kapolri, hingga kondusif,” tegas mantan Danpas Pelopor Korbrimob Polri itu.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password