Polda DIY Berhasil Evakuasi 119 Peluru Aktif yang Ditemukan Warga

Tribratanews.polri.go.id- Yogyakarta. Satuan Brimob Daerah Kepolisian DIY melakukan evakuasi 119 butir peluru aktif yang ditemukian oleh salah satu warga di Kota Yogya. Peluru tersebut diduga berjenis FN dengan kaliber 9 mm.

“Setelah ini dibawa ke (Mako) Gegana, langkah selanjutnya disposal (dihancurkan),” kata Panit Gegana Sat Brimob Polda DIY Ipda Maryono kepada wartawan di lokasi penemuan peluru, Kamis (17/10/2019).
Panit Gegana Sat Brimob Polda DIY Ipda Maryono mengatakan proses disposal kemungkinan akan dilakukan tahun depan. Karena untuk tahun ini disposal bahan peledak oleh Polda DIY telah dilaksanakan.
Berdasarkan hasil olah TKP, ratusan butir peluru itu diduga sudah berusia sekitar 4 tahun. Namun demikian sampai saat ini kondisi peluru masih aktif.

“Itu mungkin sudah lama ya, sudah sekitar empat tahun, bisa lebih. Namun masih aktif, masih bisa digunakan, masih bisa difungsikan,” jelas Panit Gegana Sat Brimob Polda DIY.
Kondisi peluru yang ditemukan itu juga masih berkilap. Belum tampak ada noda karat.
“Itu saya kira sulit untuk berkarat, soalnya itu kuningan asli itu. Kalau tidak tertimbun begitu lama dengan air garam atau apa, mungkin akan sulit berkarat,” jelas Ipda Maryono.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password