Buntut Kematian Mahasiswa UII Jogja di Karanganyar, Rektor Mengundurkan Diri

sumber foto : uii.ac.id

tribratanews.polri.go.id JOGJA – Buntut dari kematian tiga mahasiswa peserta Diksar Diksar The Great Camping (TGC) Mapala UII menjadi keprihatinan berbagai pihak. Rektor UII Harsoyo menyatakan mengundurkan diri, Kamis (26/1/2017). Harsoyo mengundurkan diri jabatannya di hadapan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek) RI Muhammad Nasir dalam rapat tertutup dengan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah V Yogyakarta.
“Sebagai pertanggungjawaban moral, saya menyatakan mundur sebagai Rektor Universitas Islam Indonesia,” ujar Harsoyo dalam jumpa pers di kantor Kopertis Yogyakarta.

Harsoyo juga menyampaikan permintaan maaf kepada bangsa Indonesia karena telah mencemarkan dunia pendidikan dengan adanya tindak kekerasan yang seharusnya tidak boleh terjadi. Selain itu, dia berharap agar kejadian tindak kekerasan tidak terulang kembali.

“Sampaikan maaf kami, kepada seluruh bangsa Indonesia, telah mencemarkan dunia pendidikan dengan tindak kekerasan yang seharusnya tidak boleh terjadi,” ungkapnya.

Setelah ini, Harsoyo berkomitmen akan terus membantu mengungkap kasus ini.

“Jika dibolehkan, saya akan terus,” jawab Harsoyo.

Tewasnya tiga mahasiswa tersebut, yaitu Syaits Asyam (19), Muhammad Fadli (19), dan Ilham Nur Padmy Listia Adi (20), menjadi perhatian banyak pihak. Ketiganya meninggal dunia saat mengikuti diksar di Karanganyar Jawa Tengah, yang dilaksanakan sebagai syarat menjadi anggota Mapala Unisi.

Menindaklanjuti peristiwa ini, pihak UII telah membentuk tim investigasi. Polres Karanganyar juga telah meminta keterangan dari sejumlah pihak, termasuk para peserta diksar.

Baca juga:

3 Mahasiswa UII Yogyakarta yang Meninggal Dunia saat Diksar di Hutan Tlogodringo Tawangmangu Karanganyar Diduga Korban Penganiayaan

penulis : jay
editor  : Kang Iqbal
publis  : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password