Polda Jambi Kembali Segel Lahan Perusahaan Sawit

Tribratanews.polri.go.id – Jambi. Ditreskrimsus Polda Jambi menindak tegas perusahaan perkebunan kelapa sawit yang dinilai gagal mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

 

Tindakan tegas ini berupa penyegelan areal lahan PT Dewa Sawit Sari Persada (DSSP) yang berlokasi di Desa Jati Mulyo Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, Senin (30/09/19).

 

Dirkrimsus Polda Jambi, Kombes Pol. Thein Tabero, S.H., S.I.K., didampingi Kapolres Tanjabtim, AKBP Agus Desri Sandi menjelaskan, kejadian bermula pada tanggal 08 September lalu pukul 19.00 WIB telah terjadi kebakaran lahan perkebunan PT DSSP blok B5, B6, dan B7 sampai hari Kamis tanggal 12 September 2019 dengan luas yang terbakar kurang lebih 45 Hektare, diantaranya 30 Hektare lahan kosong, dan 15 Hektare kebun kelapa sawit.

Selanjutnya, Dirkrimsus menerangkan, PT DSSP ini telah melakukan usaha perkebunan kelapa sawit sejak tahun 2007 sampai sekarang tanpa memiliki izin usaha perkebunan dengan luas 434,85 hektare, yang telah disegel.

 

Untuk itu, Ditreskrimsus Polda Jambi melakukan penyelidikan dan pengecekan terkait kebakaran, ditemukan PT DSSP tidak memiliki standar minimal sistem dan sarana prasarana pencegahan dan penanggulangan karhutla yang tertuang dalam Permentan 05 tahun 2018 tentang pembukaan atau pengolahan lahan perkebunan tanpa membakar.

 

Untuk pasal yang dikenakan pasal 98 dan atau pasal 99 Jo pasal 116 UU RI no 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling tinggi 10 Milyar.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password