DVI Mabes Polri Kembangkan Sistem Informasi untuk Pastikan Jumlah Korban Sebuah Bencana

Tribratanews.polri.go.id – Bogor. Disaster Victim Identification (DVI) Mabes Polri mengembangkan sistem data dan informasi untuk memastikan jumlah korban meninggal dalam suatu peristiwa. Data hasil identifikasi korban meninggal itu akan digunakan oleh instansi-instansi terkait sehingga tidak menimbulkan kesimpangsiuran data.

Kabid DVI Pusdokkes Polri, Kombes Pol. Drg. Lisda Cancer, M. Biotech., menjelaskan, data menjadi hal yang sangat krusial bagi operasi tim DVI Polri ketika menghadapi suatu peristiwa, khususnya yang berkaitan dengan jumlah korban banyak.

Kabid DIV juga menjelaskan, perbedaan data jumlah korban meninggal yang dirilis tiap-tiap instansi disebabkan belum adanya platform untuk pelaporan orang meninggal.

“Apalagi kalau korbannya banyak, itu banyak sekali instansi mengeluarkan data. Nah ini kadang-kadang datanya tidak sama. Misal instansi A mengeluarkan data jumlah korban meninggal 1.000 orang, instansi B 1.500 orang. Nah ini kan menimbulkan pertanyaan kenapa tidak sama, masyarakat juga kan ingin tahu,” jelas Kombes Pol. Lisda saat peluncuran platform Data dan Informasi Disaster Victim Identification (DI-DVI), di Bogor, Selasa (10/9/2019).

Ia juga menjelaskan, mekanisme kerja dari sistem data itu adalah satu pintu. Artinya, Polri bertugas mengolah data korban dalam suatu kejadian yang nantinya bisa digunakan oleh siapa saja. Ia menambahkan, saat ini masyarakat sudah bisa mengakses data tersebut melalui website dvi-indonesia.polri.go.id.

“Data ini bisa diakses siapa saja, sifatnya realtime. Ini sudah bisa diaplikasikan,” jelas dia lebih lanjut.

Semua data yang telah diolah tim DVI sudah terhubung dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Jadi kami ini ngolah data mentahnya, artinya kalau ada orang meninggalnya 100 ya 100 data. Nanti data matangnya ini yang akan diambil oleh BNPB, Kementerian Kesehatan. Sedangkan Disdukcapil ini berhubungan dengan data antemortem (sebelum meninggal)-nya,” kata dia.

(my/sw/hy)

Admin Polri56599 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password