Kapolri : 90 % Peristiwa Karhutla Terjadi Karena Ulah Manusia Dalam Membuka Lahan

Tribratanews.polri.go.id- Pekanbaru. Kapolri,  Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., mengunjungi Riau dalam rangka mengecek lokasi kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Senin (12/8/19).

 

Dalam keterangan yang disampaikan, Kapolri menyampaikan lebih dari 90%  peristiwa Karhutla terjadi karena perbuatan manusia dalam membuka lahan. “Lebih dari 90 persen Karhutla yang terjadi dikarenakan perbuatan manusia dalam membuka lahan dengan cara membakar,” ungkap Kapolri.

 

Kapolri juga menyebutkan untuk menanggulangi peristiwa Karhutla dalam jangka pendek Kepolisian terus melakukan upaya penegakan hukum terhadap pihak yang telah terbukti melakukan pelanggaran hukum dalam melakukan pembakaran hutan dan lahan. “Kami ingin ada tindakan tegas baik perorangan maupun perusahaan, agar menjadi efek jera,” ungkap Kapolri.

 

Selain itu, Kapolri juga menyebutkan upaya penegakan hukum juga bisa dilakukan oleh jajaran TNI dimana jajaran TNI diperbolehkan melakukan tangkap tangan terhadap pelaku yang sudah jelas terbukti bersalah. “Boleh melakukan penangkapan dan langsung menyerahkan ke penyidik Kepolisian,” ungkap Kapolri.

 

(rz/sw/hy)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password