Polri Selidiki Aliran Dana Kelompok Teroris JI Pimpinan Para Wijayanto

Tribratanews.polri.go.id Jakarta. Polri sedang mengaudit aliran dana kelompok terduga teroris Jamaah Islamiyah (JI) pimpinan Para Wijayanto. Selain perkebunan, Polisi juga menelusuri sumber dana lainnya termasuk peruntukannya.

“Nantinya beberapa tersangka ini mulai dari yang disebutkan beberapa struktur organisasi di bawahnya, deputi-deputinya berhasil ditangkap semuanya, polanya akan terlihat, tergambar.
Gerakannya ke mana-ke mana, dana yang sudah dihimpun berapa kemudian disalurkan ke mana-mana saja,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo, Jumat (12/07/19).

Sejauh ini aparat kepolisian baru mengungkap kelompok ini memiliki kebun sawit yang bisa menggaji petingginya Rp 10 juta hingga Rp 15 juta. Belum dipastikan berapa luas dari kebun tersebut.

“Masih dikembangkan terus ini. Makanya saya belum boleh menyampaikan. Secara umum aja saya menyampaikan ini,” tegas Jenderal bintang satu.

Berdasarkan pemeriksaan terhadap Para Wijayanto selaku pimpinan, kelompok ini memiliki pengembangan organisasi yang bagus. Kelompok ini punya bendahara yang sudah ditangkap di Magetan, Jawa Timur, awal bulan ini. Mereka juga ada struktur deputi-deputi umum.

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini menjelaskan D kelompok tersebut sudah menyiapkan strategi penguasaan wilayah atau tamkin. Ada beberapa wilayah yang dicoba diperkuat.

“Sentralnya tetap Jawa. Pendukung-pendukungnya sisi ekonominya ada di Sumatera, ada di Kalimantan, juga ada di Sulawesi dan NTB,” tutup Brigjen Pol. Dedi Prasetyo.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password