Polisi Berhasil Identifikasi 704 Bukti Visual Kerusuhan 21-22 Mei

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Dengan menggunakan scientific investigation dengan face recognition atau analisa pengenalan wajah, pihak Kepolisian berhasil mengindetifikasi bukti visual dalam penyidikan kasus kerusuhan 21-22 Mei 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. di Mabes Polri, Jumat (5/7/19). “Kami berhasil mengidentifikasi 704 visual kamera pengawas, video amatir, media sosial dan media massa,” jelas Karo Penmas.

Dari data yang diperoleh, Karo Penmas menyebutkan bahwa 60 bukti visual itu berasal dari rekaman kamera pengawas. Bahkan penyidik juga memiliki sedikitnya 470 video amatir, 93 foto amatir, 62 foto atau video dari media massa dan 19 tayangan di YouTube.

Selain itu, analisis terhadap bukti visual juga dilakukan kepolisian untuk mengusut kasus penganiayaan oleh anggota Brimob terhadap sejumlah orang di Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dijelaskan bahwa pemukulan itu terjadi secara spontan. Pemicunya adalah komandan kompi para oknum anggota Brimob itu terkena panah beracun. Namun, karena yang bersangkutan menggunakan body face, meleset. Tapi panah tersebut sempat menancap di pelipisnya.

Karo Penmas menyebutkan, terdapat 10 anggota Brimob yang kemudian diajukan ke sidang disiplin. Karo Penmas menegaskan bahwa Polri akan menindak tegas anggota yang melakukan pelanggaran.

(af/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password