Cegah Hoax, Polri akan Pantau WAG yang Kerap Sebarkan Berita Bohong

Tribratanews.polri.go.id- Jakarta. Dengan maraknya berita Hoaks di media sosial, Polri melakukan patroli siber di situs media sosial yang sudah menjadi medium publik.

Menurut pihak Kepolisian, pemeriksaan dan patroli siber tidak dilakukan terhadap keseluruhan WhatsApp Group (WAG). Namun hanya menyasar (WAG) yang kerap menyebarkan berita bohong.
“Ini harus saya luruskan dulu ya, pengungkapan kasus yang kemarin, kita menggunakan WhatsApp itu adalah sebuah capture. Bukan kita langsung mengawasi percakapan di grup itu,” jelas Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol. Asep Adi Saputra di Bareskrim Polri, Jl. Trunojoyo, Jakarta, Selasa (18/06/19).

Kepala Bagian Penerangan Umum Biro Penmas Divisi Humas Polri, Kombes Pol. Asep Adi Saputra, S.H., S.I.K., M.H., M.Si., menjelaskan bahwa patrol yang dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan foto capture WAG di media sosial. Dengan begitu, pihaknya akan menelusuri isi dari WAG yang beredar.

“Jadi di dalam medsos itu kan ada yang bersifat tertutup dan terbuka. Jadi ketika di medsos yang tertutup itu seperti WA, lalu di-capture ke beberapa platform yang terbuka itu menjadi mudah untuk dilakukan penyelidikan,” tutur Mantan Kapolres Jakarta Utara.

Selain itu, Mantan Kapolres Jakarta Utara mengungkapkan bahwa semua nya harus berdasarkan pada prosedur hukum yang berlaku. Pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap para pelaku penyebar hoaks.

“Segala sesuatu yang bersifat investigasi terhadap bukti elektronik seperti itu harus mendasari pada (dasar) hukum, jadi tidak bisa begitu saja kita masuk (WAG). Jadi semuanya harus dalam melalui prosedur dan mekanisme hukum,” tutup Kabag Penum Divhumas Polri.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password