Kapolri : Untuk Hindari Kemacetan Arus Balik, Pemudik di Harapkan Kembali ke Jakarta Mulai Besok Pagi

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Untuk mencegah terjadinya lonjakan arus balik Lebaran 2019, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. mengajak kepada semua masyarakat yang melakukan mudik di kampung halaman kembali ke Jakarta lebih awal.

Dalam penjelasannya, Kapolri mengatakan bahwa tolong bagi yang sudah lama pulang upayakan hari Jumat tanggal 7 (Juni) sudah mulai kembali ke Ibukota. Jangan sampai nanti terkena kemacetan arus balik di hari Sabtu dan Minggu. Telah kita ketahui bersama waktu arus balik Lebaran tahun 2019 tergolong pendek, hanya berlangsung selama tiga hari, di mana Hari Minggu diperkirakan sebagai puncaknya. Apabila masyarakat tetap memilih untuk kembali di dua hari terakhir tentunya akan terjadi kemacetan panjang. Untuk itu saya berharap kepada semua masyarakat untuk pulang lebih awal.

“Sebagai hal alternatif, saya menghimbau agar para pemudik yang akan kembali ke Ibu kota untuk terus memantau aplikasi dan media sosial selama perjalanan. Seperti contohnya di media sosial lihat di Google Maps dan lain-lain. Untuk mengantisipasi hal tersebut kami dari jajaran Kepolisian akan terus berusaha terus untuk berupaya menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan, seperti one way dan contraflow yang selama ini ami terapkan di Gerbang Tol Kalilangkung, Semarang, hingga Cawang sepanjang 400 kilometer,” tambah Kapolri.

“Telah kita ketahui bersama bahwa keadaan arus mudik lebaran tahun ini dapat berjalan dengan lancar dibandingkan dengan tahun yang sebelumnnya karena adanya insfratuktur yang sangat berguna untuk masyarakat. Dari segi infrastruktur, keberhasilan penyelenggaraan mudik tahun ini juga merupakan kerja sama yang baik antar-stakeholder. Untuk angka kecelakaan lalu lintas juga mengalami penurunan sekitar 60 persen pada arus mudik tahun 2019 ini. Ada suatu data yang signifikan, yaitu angka kecelakaan menurun drastis mencapai 60 persen dibandingkan tahun lalu,” tegas Kapolri saat memberikan keterangan di Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu(05/06/19).

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password