Kakorlantas Polri : Perkiraan Titik Fokus Arus Mudik H-3 Lebaran

Tribratanews.polri.go.id- Jakarta. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen. Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si. mengatakan H-3 Lebaran menjadi titik fokus pihaknya dalam mengamankan arus mudik tahun ini karena menjadi waktu pergerakan pemudik paling banyak.

“Pergerakan mudik dan balik Lebaran ada sekala waktu yang kita lihat, khususnya H-3 ini menjadi titik perhatian kita,” teranf Irjen. Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si. di Menara Kompas, Jakarta, Selasa (28/05/2019).
Kakorlantas Polri mengatakan prediksi ini berdasarakan pengalaman pada mudik lebaran tahun-tahun sebelumnya. Meskipun pemerintah sudah mengatur waktu libur nasional sedemikian rupa, akan tetapi puncak arus mudik tetap akan dan sering menimbulkan kepadaran kendaraan yang melintas.

“Memang kita mengacu pada masa yang lalu dan melakukan penajaman, betapa pun pemerintah memberikan ruang waktu untuk berlibur bersama atau cuti bersama/libur nasional, pergerakan mudik dan balik Lebaran ada sekala waktu,” jelas Jenderal Bintang Dua tersebut.

“Fokus perhatian pihaknya tidak hanya pada H-3 Lebaran itu saja namun di waktu-waktu lainnya baik saat arus mudik maupun arus balik. Tetapi tanggal yang berdekatan dengan itu juga menjadi perhatian kita. Katakanlah di tanggal 30, 31 Mei dan 1, 2 Juni. Kemudian baliknya nanti di tanggal 8, 9, 10 Juni,” tambah Kakorlantas Polri.

Selain itu, Jenderal Bintang Dua tersebut menyampaikan bahwa untuk mengatisipasi kemacetan kemungkinan itu ialah dengan menggelar Operasi Ketupat 2019 serentak. Ini juga diserginkan dengan sejumlah intansi dan lembaga terkait guna mensukseskan mudik aman dan lancar.

“Justru kita menggelar Operasi Ketupat itu mulai 29 Mei dan hari ini akan kita gelar pasukan. Besok sudah mulai kegiatan operasi dan berakhir 10 Juni. Kita sudah lakukan antisipasi itu,” tutur Mantan Karoprovos Divpropam Polri.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password